MALANG – Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema) telah membuka Program Studi baru bernama Sistem Informasi Bisnis. Program Studi ini mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui SK. No. 6337/SK/BAN-PT/Ak-PNB/STr/IX/2022 yang ditetapkan pada 20 September 2022.

Awalnya JTI Polinema memiliki 2 prodi saja yaitu D4 Teknologi Informasi (TI) dan D3 Manajemen Informatika (MI). Dengan proses yang memakan waktu, tenaga, serta pikiran, Saat ini D3 Manajemen Informatika dihapuskan diganti dengan D4 Sistem Informasi Bisnis (SIB). Hal itu terjadi karena, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia yang cakap dan kompeten. Untuk itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud berupaya dengan melahirkan trobosan baru melalui berbagai proram dan kebijakan, khususnya untuk pendidikan vokasi.

Salah satu trobosannya yaitu, dengan mengadakan program upgrading D3 menjadi sarjana terapan atau D4 yang berguna untuk menjawab kebutuhan DUDI dalam menyediakan SDM kompeten melalui pendidikan vokasi. Program ini turut disosialisasikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto pada gelaran konferensi pers di Gedung Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Jakarta(15/12).

Upgrading dari D3 ke D4 yang dilakukan dirasa merupakan regulasi yang win-win bagi pihak industri, lulusan perguruan tinggi, dan kampus. Sehingga semua dimenangkan atau semua mendapatkan keuntungan. Program ini diharuskan untuk membuat kurikulum dan capaian kompetensi yang baru. Karenanya, perguruan tinggi vokasi diwajibkan untuk memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Akan halnya syarat yang paling utama yaitu, materi penguatan soft skill, karakter, dan juga leadership.

Selain itu, adapun persyaratan lainnya yaitu, prodi meruapakan profram D3 terakreditasi dengan peringkat B atau Baik Sekali, serta terdapat kebutuhan DUDI. Perguruan Tinggi vokasi juga harus memenuhi persyaratan lain yang diminta seperti, menyiapkan kerja sama dengan DUDI, menyiapkan SDM, Kurikulum, peraturan akademik, dan lain sebagainya.

Dengan persyaratan yang ada JTI Polinema mampu untuk memenuhi semua persyaratannya dan sehingga bisa melahirkan prodi baru yaitu, Sistem Infromasi Bisnis yang saat ini sudah terbukti pula memiliki kualitas dan predikat yang baik dengan adanya akreditasi baru.

(MIR/FUM)