Perkembangan teknologi begitu pesat melesat, termasuk di dalamnya dalam perkembangan media promosi secara online yang dikenal dengan istilah digital marketing. Sebagai wujud Pengabdian pada Masyarakat (PpM), tim Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Polinema kembali mengandeng salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang yaitu UMKM SISTIAR. Tujuan pengabdian tim JTI Polinema untuk membantu meningkatkan penghasilan UMKM SISTIAR dengan membuat company profile UMKM SISTIAR. Selain itu tim PKM juga mengadakan pelatihan pembuatan dan pengeditan video yang bertujuan pemilik UMKM bisa membuat media promosi online secara mandiri pasca masa pengabdian kepada Masyarakat selesai. Dr. Ulla Delfana Rosiani, S.T., M.T sebagai ketua dalam tim PkM, sedangkan anggota tim adalah Atiqah Nurul Asri, S.Pd., M. Pd., Dwi Puspita Sari, S.Kom., M.Kom, Mungki
Astiningrum, S.T., M.Kom., Dr. Ely Setyo Astuti, S.T., M.T., dan Ariadi Retno Tri Hayati Ririd,
S.Kom, M.Kom.

UMKM SISTIAR adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman dengan merk dagang FRANDIEN dan sudah mempunyai NIB (Nomor Induk Berusaha). Produk makanan yang dijual antara lain kue kering seperti sagu keju, sagu coklat, kastengels, dan nastar; aneka sambal dalam kemasan jar, seperti sambal cumi, sambal bajak, sambal teri, sambal klothok, sambal udang, dan teri. Selain itu, produk makanan lainnya adalah aneka macam kue seperti roll cake abon, kue marmer, macaroni schotel, dan brownies panggang dan kukus yang dijual berdasarkan pesanan. Adapun minuman yang dijual adalah aneka jamu, misalnya jamu beras kencur dan jamu kunyit asam. Sebagai nilai plus dari produk-produk UMKM ini, sebagian besar produk kue kering nya sudah mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), HKI, dan Sertifikat Halal, begitu juga dengan produk sambalnya.

Dalam memasarkan produk-produk tersebut, pemilik usaha menggunakan dua cara, yaitu secara online dengan menggunakan social media, yaitu WhatsApp, Facebook, dan Instagram dan menggunakan market place, yaitu Shopee dan Tokopedia; dan secara offline, yaitu dengan “menitipkan” produk sambal-nya di outlet-outlet Malang Strudel yang ada di Singosari dan sekitarnya. Meskipun demikian, ternyata dalam praktek-nya, penjualan pada UMKM ini masih dibawah target yang diharapkan.

Permasalahanya adalah UMKM belum memiliki company profile sebagai media promosi serta tidak mempunyai skill di bidang video creating dan editing dengan baik. Dengan adanya permasalahan tersebut maka akan dilaksanakan kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) berupa “Pembuatan Company Profile UMKM SISTIAR”. Melalui Kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan di UMKM Sistiar.

Dalam kunjungan pertama di UMKM SISTIAR, tim PPM JTI Polinema yang dibantu oleh mahasiswa melakukan survei dan menggali informasi mengenai kebutuhan sistem dan implementasi pembuatan company profile sebagai media promosi. Setelah analisa kebutuhan sistem selesai dilanjutkan untuk perencanaan dan pembuatan konsep company profile. Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi company profile UMKM SISTIAR sekaligus memberikanpelatihan pembuatan dan pengeditan video yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2023. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan UMKM SISTIAR bisa membuat company profile dan video-video sebagai media promosi secara mandiri. Selain memberikan pelatihan, tim PpM juga melakukan interview untuk kebutuhan UMKM selanjutnya. Hasil interview menunjukkan bahwa UMKM masih memerlukan rebranding dan pembuatan logo untuk produk-produk UMKM nya. Oleh karena itu, akan menjadi agenda Pengabdian pada Masyarakat yang berkelanjutan di tahun depan. (FUM)