MALANG – Pada tanggal 2 November 2021 telah diadakan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Program Studi Diploma Dua Jalur Cepat Pengembangan Piranti Lunak Situs bertempat di Hotel Grand Marcure. Walaupun acara berlangsung secara offline namun peserta dalam acara workshop tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Program D2 fast Track yaitu lulusan smk bisa langsung menempuh D2 di Politeknik Negeri Malang secara gratis yang akan dimulai pada tahun ajaran baru 2022/2023. Pada program ini, bahan ajar dimulai dari beberapa rujukan yang up to date dan menyambung ke panduan praktikum. Panduan praktikum lebih banyak memberikan deadline untuk mahasiswa untuk melakukan sesuatu. Pada pembuatan modul dan bahan ajar buku ajar harus dilakukan sebelum jam mengajar dimulai serta tidak boleh memberatkan tetapi dapat bisa dipahami oleh mahasiswa. Pembuatan buku tersebut bisa dihibahkan untuk mendapatkan salary dalam rangka meningkatkan karya dosen.

Para dosen hendaknya menyempatkan membuat buku dalam suasana memaksa dengan cara mengikuti penelitian dengan keluaran buku. Penyemangat untuk membuat buku adalah hindari kata malas. Penelitian bisa dirubah menjadi buku ajar. Mengapa harus membuat buku? karena pembuatan buku tersebut merupakan salah satu sebagai tambahan dari bidang akademik. Buku juga bisa dibuat untuk kenaikan pangkat. Isi dari buku adalah muatan yang diajarkan sesuai dengan nama mata kuliah dan materinya sesuai.

Mengukur tingkat keberhasilan itu bukan saat mereka lulus tetapi setelah mahasiswa lulus 4-5 tahun apa yang didapatkan. Capaian pembelajaran harus sesuai dengan visi, misi dan filosofi.  Buku bisa diciptakan dengan mahasiswa pada saat mengajar. Disetiap buku modul harus ada evaluasi dan soal sebagai tolak ukur. RPS yang sudah dimiliki sudah menjadi outline dari buku ajar. Tugas-tugas kuliah dari mahasiswa dapat dikondisikan menjadi materi dan buku ajar berikutnya. Buku bisa diterbitkan dilembaga resmi di institusi tersebut dan mendapakan ISBN.

Dengan demikian, workshop ini diharapkan mampu menjadikan tim dosen dapat mengembangkan bahan ajar matakuliah program studi D2 Jalur Cepar Pengembangan Prianti Perangkat Lunak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan penutupan dan dilakukan sesi dokumentasi foto bersama dengan narasumber.

(OSY/ROW)