MALANG – Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang mengadakan Kegiatan FGD Hasil Rancangan Kurikulim D-IV Sistem Informasi Bisnis (SIB). Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen JTI dan para narasumber, yaitu Dr. Cahyo Crysidian, Andina Paramitha, Tony D. Susanto, S.T.,M.T.,Ph.D.,ITIL, COBIT, dan Asmaullahil Husna.  Kegiatan tersebut dilaksankan pada hari Kamis, tanggal 21 Oktober 2021 di Hotel Santika Premiere Malang.

Adapun beberapa bahasan yang disampaikan, seperti tahapan pembukaan program studi, profile lulusan, capaian pembelajaran lulusan, Rencana Pembelajaran Semester, dan masih banyak lagi.

Perguruan tinggi di Malang sebaiknya mendorong Stasion untuk selalu memperbaharui dokumen Pedoman Kebutuhan Industri Kota Malang. Kelompok keilmuan berdasarkan riset bukan operasi pengajaran. Hasil riset yang dimasukkan ke dalam Rencana Pembelajaran Semester bisa memperoleh nilai tinggi dari BAN PT. Menurut Time Higher Education, syarat world class university adalah telah memiliki minimal 1000 karya ilmiah dalam jurnal WoS atau Scopus dan memiliki minimal 100 karya ilmiah dalam jurnal tersebut per tahun. Jadi jika visi menjadi world class university tidak memungkinkan sebaiknya tidak menggunakan redaksi tersebut, bisa diganti menjadi “bereputasi internasinal”.

Jika mendengar Program Studi Sistem Informasi Bisnis maka yang menjadi ekspektasi utama adalah bisnis, sedangkan sistem informasi hanya menjadi pendukung dan alat dalam berbisnis sehingga tidak perlu mempelajari algoritma atau mata kuliah lain yang terlalu teknis, ujar Bu Andina Paramitha (21/10/21). Untuk menentukan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebaiknya FGD dengan mengundang technopreneur (sudah dilaksanakan) dan business analyst. Menurut Pak Tony, business analyst sebenarnya masih terlalu luas, bisa lebih spesifik misalnya dalam industri manufaktur atau keuangan, tetapi kembali lagi ke hasil survei dan peluang yang ada. Selain itu, kemampuan yang harus dimiliki: negosiasi, membuat bisnis canvas, mencari modal atau investor, mencari karyawan, memotivasi karyawan, manajemen SDM, akuntansi, marketing, melihat trend, mencari peluang, menghitung cost, menentukan BEP, dsb.

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan tim dosen dapat mengembangkan Rancangan Kurikulum D-IV Sistem Informasi Bisnis (SIB) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan penutupan dan dilakukan sesi dokumentasi foto bersama dengan narasumber.

(OSY/ROW)