Malang – KB/TK Alfath Bunulrejo merupakan PAUD yang didirikan atas partisipasi dan dukungan masyarakat. Berdasarkan kenyataan di lapangan yang ditemui selama masa pandemi ini, anak belum sepenuhnya mampu mengenal huruf, kalaupun ada itupun hanya sebagian kecil saja.  Apabila dikaitkan dengan kurikulum yang ada, kemampuan anak masih sangat rendah dan anak belum berkembang sesuai indikator yang ada pada kurikulum tersebut

Dengan permasalahan tersebut maka pengabdian kepada masyarakat kali ini akan melakukan pelatihan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan software. Adapun software yang digunakan dalam workshop pembuatan media pembelajaran adalah dengan menggunakan OBS Studio. OBS Studio adalah Open Broadcaster Software yang fungsinya adalaha untuk membuat recoarding video dan streaming video. Software ini merupakan software open source, artinya untuk penggunaannya tidak perlu membayar. Dengan workshop ini diharapkan para peserta yaitu guru-guru KB/TK Alfath dilingkungan Kecamatan Bunulrejo dapat menggunakan dengan baik dalam media pembelajaran kepada siswa ditengah-tengah kondisi pandemi saat ini, sehinggaa siswa tetap dapat belajar dirumah dengan visualisasi yang baik, sehingga mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Hal ini mendorong Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknologi Informasi untuk mengenalkan dan melatih Guru di KB/TK Alfath Bunulrejo untuk menggunakan software OBS Studio ini harapannya nanti dapat membantu proses belajar mengajar Guru dalam memberikan pembelajaran pengenalan huruf secara interaktif dan menarik sehingga dapat meningkatan minat belajar anak-anak usia dini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada hari Kamis 8 Juli 2021 tim pengabdian masyarakat secara luring / tatap muka yang bertujuan guru KB/TK Alfath Bunulrejo dapat secara langsung praktek menggunakan software e OBS dengan menggunakan protocol Kesehatan.

Tim yang terdiri dari Arief Prasetyo, Elok Nurhamdana, Sofyan Noor Arief, Meyti Eka Apriyani, M Unggul dan beberapa mahasiswa berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada Guru KB/TK Alfath untuk dapat menggunakan aplikasi dalam membuat video pembelajaran.