MALANG – PT. Indosat melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang akan membahas Kerjasama IoT dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kunjungan ini bertepatan di Politeknik Negeri Malang. Walaupun kunjungan ini dilakukan secara langsung, tetapi semua tetap menaati protokol Kesehatan.

Dimulai dari pihak Polinema memperkenalkan HUB Polinema yang merupakan salah satu Teaching Factory yang ada di Politeknik Negeri Malang. Tujuan adanya HUB Polinema adalah untuk membentuk sumber daya manusia di bidang teknologi infromasi dan rekayasa perangkat luak yang professional dan siap berkerja dan/atau berwirausaha serta mampu bersaing secara global. Tak hanya itu HUB Polinema juga memberitahukan lokasi HUB Polinema, Program Mahasiswa Magang yang saat ini sedang berjalan, serta portofolio dari HUB Polinema.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penjelasan tentang Edu – IoT Ecosystem yang merupakan Ekosistem pembelajaran Internet of Things berbasis IoT Development Board Polinema. Board ini khusus dirancang untuk memudahkan pembelajaran IoT tanpa harus bersusah payah dalam memasang dan mengonfigurasi sensor – sensor. Dalam satu paket produk tersebut ada beberapa komponen yang di dapat, yaitu Edu – IoT Ecosystem (Basic dan Advance), Modul/Hands – on dan video pembelajaran, Aplikasi Pendukung, dan Platform Customer Support. Serta dijelaskan pula bagaimana gambaran ekosistem dari produk ini.

Tak selesai di situ, selanjutnya dijelaskan tahap Pengembangan Produk Ini Dari Blueprint / Design Board (Prototype – Projectboard – Uji Fungsi) Oleh Dosen, Hingga Perakitan Dan Cetak PCB Oleh Vendor. Lalu dilanjutkan ke tahapan Edu IoT System, yang meliputi Perancangan Packaging Acrylic, Quality Control, Packaging Produk, Pembuatan Aplikasi, Pembuatan Modul HandsOn, dan Support Service yang dilakukan oleh Teaching Factory HUB Polinema. Yang terakhir yaitu Tahapan Rnd, yang meliputi Smart Home, Smart Farming, dan selanjutnya yaitu Smart Office yang merupakan pengembangan riset pemanfaatan IoT pada lingkungan.

(MIR/FUM)