Malang – Salah satu Kelompok Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang yang diketuai oleh Mungki Astiningrum, ST,  M.Kom beserta anggota-anggotanya yaitu Dwi Puspitasari, S.Kom, M.Kom, Atiqah Nurul Asri, S.Pd, M.Pd, Yuri Ariyanto, S.Kom, M.Kom, dan Moch. Zawaruddin Abdullah, S.ST., M.Kom kembali menggandeng masyarakat Desa Pakisaji, Kabupaten Malang untuk menjadi mitra dalam kegiatan tersebut. Ada 2 mitra pada tahun 2021 ini yang menjadi target kegiatan ini, yaitu Badan Usaha Milik Desa dan Karang Taruna.

BUMDES didirikan dengan tujuan agar pengelolaan usaha bersama yang ada di desa dapat dilakukan dengan baik sehingga diharapkan dapat membantu mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat desa, terutama Desa Pakisaji. Ada banyak beberapa usaha yang dinaungi oleh BUMDES yang diketuai Hanafi Suprayogi tersebut antara lain, usaha persewaan gedung, WIFI desa, batik tulis, pembuatan paving, dan cucian mobil. Untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian-keahlian yang mendukung. Di Desa Pakisaji juga telah terdapat kelompok perkumpulan generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Sembodo yang diketuai Bhima Lintang Tegoeh Nugraha siap mendukung dan sangat antusias dan bersemangat dalam memiliki usaha yang diharapkan dapat menjamin kehidupan finansial mereka kelak. Untuk mewadahi mereka, BUMDES sendiri memberikan dukungan penuh. Salah satunya adalah memberikan fasilitas sebuah kios yang siap digunakan untuk mengelola usaha bersamanya, yang dinamakan B’dak.

Permasalahan kemudian adalah bagaimana memperkenalkan produk mereka secara efektif dan efisien sehingga dapat dikenal lebih luas lagi. Selain itu, diperlukan pula pengetahuan tentang kewirausahaan yang dapat memberikan wawasan bagaimana membuat sebuah usaha. Karena itulah, tim PPM ini memberikan solusi yaitu dengan mengadakan pelatihan tentang Kewirausahaan dan Digital Marketing serta cara memfoto produk dengan menggunakan smartphone. Kedua pelatihan ini dilaksanakan secara daring mengingat masih diberlakukannya PPKM di wilayah Malang dan sekitarnya.

Pelatihan pertama, yaitu Kewirausahaan dan Digital Marketing dengan pemateri dari ETU Politeknik Negeri Malang yaitu Ayu Sulasari, SE, MM, CNNLP, CMNNLP, CMA dan Dr. Tri Yulistyawati Evelina, SE, MM, CNNLP, CMNNLP, CMA pada tanggal 14 Agustus 2021. Kedua pemateri tersebut juga merupakan trainer handal di bidang nya. Pelatihan ini mendapat sambutan baik dari Karang Taruna dan BUMDES. Terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan diskusi yang sangat menarik sehingga pelatihan ini lebih lama 1 jam dari yang sudah dijadwalkan.

Untuk mendukung promosi produk yang akan diunggah ke media sosial dan market place, yang didapatkan pada pelatihan sebelumnya, maka untuk selanjutnya diberikan pelatihan fotografi dengan judul Pelatihan Teknik Fotografi dengan Smartphone untuk Meningkatkan Kualitas Produk. Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 22-23 Agustus 2021 dengan pemateri Bapak Isdah Ahmad yang berprofesi sebagai instruktur dan fotografer professional. Pada hari pertama, peserta diajari teori teknik foto yang baik yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas kepada peserta untuk mencoba foto produk mereka dan dikumpulkan untuk dibahas di pertemuan hari kedua. Pelatihan ini juga mendapatkan respon positif terbukti dengan banyaknya foto-foto yang sudah dibuat peserta untuk diberikan masukan untuk mendapatkan hasil foto produk ke depannya.

Dengan adanya kegiatan PPM yang dilakukan ini, harapannya adalah dapat diaplikasikan ke dalam upaya peningkatan konsumen yang nanti akan membeli produk-produk usaha masyarakat Desa Pakisaji yang dikelola oleh Karang Taruna Sembodo dan didukung sepenuhnya oleh BUMDES Pakisaji sehingga dapat membantu meningkatkan dan meratakan kesejahteraan masyarakat terutama di masa pandemi ini. (ATQ)