Malang – Tim PkM JTI Polinema menggelar pelatihan digital marketing dan copywriting untuk UMKM di Lapak Berkah PKK Desa Toyomarto Singosari, Kabupaten Malang pada hari Jum’at 13 Agustus 2021. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan daya saing produk lokal dengan mengoptimalkan promosi melalui media digital.

Di era digital saat ini ditambah dengan kondisi pandemi yang memaksa perubahan kebiasaan. Pengetahuan mengenai pemasaran secara digital diperlukan. Mulai dari bagaimana menyiapkan konten yang berkualitas, mendesain promosi yang menarik, serta kemampuan copywriting yang dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk. Hal inilah yang mendorong Tim PkM JTI Polinema, yaitu Ariadi Retno Tri Hayati Ririd, Candra Bella Vista, Wilda Imama Sabilla, Habibie Ed Dien, dan Rosa Andrie Asmara untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di Lapak Berkah.

Menurut  Anik Anizah selaku ketua Penggerak PKK sekaligus pemrakarsa berdirinya kelompok UMKM di Desa Toyomarto pelatihan semacam ini adalah kali pertama, sehingga antusias sangat terlihat dari para peserta selama mengikuti pelatihan.

Pelatihan dimulai sekitar pukul 08.30 hingga pukul 10.40. Materi pertama mengenai digital marketing, strategi konten marketing, dan teknik copywriting. Pelatihan yang dilaksanakan di Balai Desa Toyomarto ini berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Namun hal ini tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mengikuti materi demi materi. Pelatihan semakin menarik karena tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai digital marketing, peserta diajak secara langsung praktik untuk membuat konten pemasaran dengan memanfaatkan aplikasi Canva pada smartphone masing-masing. Di sesi ini peserta juga diajak untuk mempraktikkan teknik copywriting dalam pembuatan konten promosi yang menarik.

Setelah pelatihan ini berakhir harapannya peserta mampu mengimplementasikan hasil pelatihan untuk mengoptimalkan promosi produk UMKM di Lapak Berkah PKK Desa Toyomarto Singosari – (VIS)