MALANG – Hampir 2 tahun covid-19 menyebar di Indonesia. Masyarakat Indonesia sempat kalut dengan adanya berita ini. Tetapi dengan adanya semangat 45, masyarakat langsung bisa memutar otak untuk mencari jalan keluar di masa pandemi ini. Jalan keluar di masa-masa ini tidak jauh dengan teknologi. Dari bidang pekerjaan, akademi, sosial, bahkan saat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia semua bisa dilakukan dengan adanya teknologi. Jadi, semua bisa teratasi tanpa harus membuat kerumuman dan tetap dirumah saja.

Sebentar lagi akan ada hari besar yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, yaitu Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Biasanya di hari besar ini sekolah, kantor, kampung pasti sudah bergotong royong untuk mempersiapkan lomba-lomba yang akan menjadikan ajang untuk merayakan hari kemerdekaan. Sayangnya dengan adanya covid-19 ini, perayaan kemerdekaan akan terasa sedikit berbeda. Tetapi tenang saja, masih ada banyak yang bisa dilakukan untuk merayakan kemerdekaan di masa pandemi ini agar tetap berkesan.

Hari Ulang Tahun ke-76 saat ini bertepatan di Hari Selasa. Kini di masa pandemi aplikasi dan sosial media memiliki peran yang penting. Dengan begitu ada banyak peluang untuk bisa merasakan perayaan hari kemerdekaan di masa ini. Dan setiap orang memiliki versi masing-masing untuk merayakannya. Seperti, melakukan vaksin yang merupakan salah satu kegiatan untuk membantu negeri ini cepat pulih dari masa covid-19. Lalu menonton upacara bendera virtual yang bisa dilakukan dengan keluarga dirumah. Mengikuti lomba 17-an secara online, sekarang banyak sekali yang membuat lomba 17-an secara online di sosial media, dari lomba foto, menyanyi, hingga make up yang bertemakan kemerdekaan. Selanjutnya, tak lain dan tak bukan yaitu berburu promo, di hari kemerdekaan ini pasti banyak toko maupun online shop yang mengadakan promo besar-besaran di hari besar ini. Serta berdoa bersama agar dunia segera membaik walaupun tidak bisa seperti masa-masa sebelum adanya covid-19.

Memang tidak mudah untuk tetap bisa bertahan di masa ini. Tetapi dengan adanya ketegaran dan kegigihan hati. Pasti akan terasa mudah dan cepat berlalu. Cepat pulih Indonesiaku. Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesiaku.

(MIR/ODT)