MALANG – Kehidupan mahasiswa biasanya fokus pada kuliah agar dapat nilai atau IPK yang di impikan. Tetapi ternyata bagi beberapa mahasiswa justru ada yang merasa jika saat kuliah hanya fokus pada pelajaran dan tugas itu sama saja dengan tidak memanfaatkan waktu dengan maksimal, apalagi sekarang kuliah dilakukan daring tentunya peluang untuk eksplorasi dunia luar mengenai pendidikan maupun pekerjaan sangatlah banyak. Ada yang mencoba membuka usaha, mengikuti pelatihan, mengikuti internship, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa tingkat 3 D3 Manajemen Informatika (MI), Addin Ninggar Tiastika. Merupakan Digital Marketing dan Sosial Media Manager di salah satu perusahaan kecantikan yaitu KF Skin Cosmetics. Awalnya dia menjadi content creator lalu ditugaskan untuk membuat konten yang di pakai untuk keperluan marketing ataupun branding company. Di bagian itu ia belajar banyak hal seperti bagaimana membuat konten yang persuasif persuasif dengan copywriting dan metode yang tepat biar sesuai sama tujuan ke audience dan bagaimana cara agar audience tidak merasa bosan dengan melihat konten iklan. Berbagai cara ia lakukan dengan menambah referensi dari banyak sumber serta belajar dengan seniornya.

Ceritanya tidak sampai disitu saja, Addin lalu masuk ke digital marketing dan social media manager, disini ia mulai belajar mengembangkan social media dari KF Skin Cosmetics. Mulai dari menaikkan engagement, membuat instagram verified, dan improve content quality. Ternyata sedikit banyak ilmu dasar dari jurusannya yaitu Teknologi Informasi (TI) digunakan disini, sehingga ia berani masuk ke dunia digital marketing. Lalu di bagian digital marketing dia mengatur digital advertisement meliputi facebook ads, instagram ads, dan google ads. Tetapi untuk mencapai semua itu pasti ada usaha yang harus dilakukan, “Perjalanan yang tidak gampang karena semua yang ada di kerjaan aku ini gaada di matkul kuliah, jadi aku harus cari referensi dari banyak sumber dan belajar banyak dari senior” Addin (29/06/21).

Informasi Internship di KF Skin Cosmetics ini bisa dilihat di instragram resminya. Sayangnya karena Covid-19 sedang dalam masa yang mengkhawatirkan maka untuk internship di tutup sementara. Syarat yang dibutuhkan untuk bisa internship di perusahaan ini hampir sama dengan yang lain. Internship disini di prioritaskan Work From Office (WFO). Keuntungan yang di dapat jika internship di perusahaan ini yaitu sertifikat dan kesempatan direkrut, “Bisa dapat sertifikat dan bisa ditekrut juga kalau skill kita sesuai dengan kebutuhan manajemen” Ujar Addin.   Perjalanan Addin sangat menginspirasi untuk mahasiswa saat ini untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif seperti bekerja dengan kuliah tanpa mengganggu bidang akademiknya dengan demikian dapat kita mempelajari hal baru dan menambah pengalaman di dunia pekerjaan.