MALANG – Persoalan magang bukan lagi hal yang tabu bagi mahasiswa tingkat akhir di Politeknik Negeri Malang. Politeknik Negeri Malang sendiri merekomendasikan beberapa tempat magang kepada mahasiswanya termasuk PT Piramida Teknologi Informasi. PT ini bergerak dalam bidang teknologi informasi khususnya software developer untuk solusi enterprise (BUMN, Swasta) dan solusi e-Government. PT tersebut membuka kesempatan magang untuk mahasiswa selama 6 bulan yang di tempatkan di Kediri dan Surabaya sehingga untuk mahasiswa tingkat akhir PKL dan skripsi/laporan akhir nantinya dikonversi dalam maksud lain topik untuk laporan akhirnya mengambil dari projek yang dikerjakan di tempat magang tersebut. Magang tersebut dilaksankan secara WFO (Work From Office). Hal yang perlu disiapkan sebelum magang di PT tersebut yaitu CV untuk wawancara. Salah satu mahasiswa yang magang di PT ini bernama Alissa Velia J.R dari Jurusan Teknologi Informasi.

Mahasiswa yang kerap disapa Alissa kebetulan di tempatkan di PT Piramida Teknologi Informasi Surabaya. Dalam magang tersebut Alissa terlibat dalam beberapa proyek Pemerintah Provinsi Jawa Timur, ia tidak hanya mengerjakan proyek tersebut tetapi juga turut andil berkomunikasi langsung dengan klien berkesempatan buat belajar terjun langsung bersama sistem analis PT Piramida Teknologi Informasi untuk mengamati, menjelaskan, dan berdiskusi dalam menyelesaikan suatu masalah dengan solusi sebuah sistem informasi. Selama beberapa kali dalam 2 bulan Alissa dan beberapa teman magang lainnya mengunjungi sekretariat daerah Provinsi Jawa Timur untuk bertemu klien yaitu Kepala Pimpinan Biro Pengadaan Barang / Jasa Provinsi Jawa Timur. Biro ini bekerjasama dengan PT. Piramida Teknologi Informasi, dari proyek tersebut ia mendapat sebuah topik untuk laporan akhirnya yaitu Sistem Informasi E-Reporting dan Pengelolaan Kontrak di Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Jawa Timur.

Ia juga turut andil pada beberapa proyek lainnya antara lain Satu Data Kominfo JATIM, Open Data Kominfo JATIM, Virtual Expo Jobfair And Market Place sebagai tester dan quality assurance yang bekerja sama dengan Sistem Analis PT Piramida Teknologi Informasi. Dari beberapa proyek tersebut, ia mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. “Aku banyak belajar dari klien, karena setelah berdiskusi terkait proyek dan mereka tau kalau kita ini adalah anak magang, mereka banyak memberi wejangan yang membangun. Kita juga sering ngobrol dengan developer dan analis di PT. Piramida Teknologi Informasi, kita juga diajari bagaimana menjadi orang yang kuat dalam bersaing, bertahan, dan dapat berkembang di dunia IT”. Ujar Alissa saat diwawancarai pada Selasa (29/06/2021). Tak hanya itu, PT Piramida Teknologi Informasi Surabaya juga memberikan uang transport kepada mahasiswa magangnya. Alissa juga tidak ada kendala selama magang di PT tersebut, “Alhamdulillah tidak ada kendala, malah seneng karena bisa memanfaatkan waktu luang, belajar banyak hal, dan bertemu orang-orang PT Piramida Teknologi Informasi yang baik”. Ujar Alissa saat diwawancarai pada Selasa (29/06/2021).

Alissa juga memberikan informasi bahwa besar kemungkinan PT Piramida Teknologi Informasi akan merekrut mahasiswa magang lagi mungkin untuk tahun depan. Ia juga memberikan pesan untuk adik tingkatnya, “Pesan ku, kalau ada kesempatan magang entah itu magang industri atau magang BUMN kalian coba aja dulu.. Karena yang paling penting selain teori dan praktek yang kita bisa, kita juga harus cari banyak pengalaman buat mempersiapkan kita dalam menghadapi dunia industri nanti. Ini waktu yang tepat buat belajar banyak hal dan mencari celah celah kalian, jadi nanti kalau sudah masuk di industri kita bisa menjadi seorang lulusan mahasiswa yang handal dan siap.” Ujar Alissa.

Dari pengalaman yang disampaikan oleh Alissa saat magang di PT Piramida Teknologi Industri Surabaya, diharapkan dapat membantu mahasiswa tingkat akhir saat ini yang akan melaksanakan magang di tempat yang diimpikan. (OSY / FUM)