MALANG – Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (JTI) yang akan nak ke tingkat 3, setelah ini akan melakukan internship atau magang. Kegiatan tersebut termasuk salah satu syarat untuk bisa lulus. Magang merupakan sebuah proses pemahaman pekerjaan dengan cara praktek atau terjun langsung ke dunia kerja yang nantinya akan mendapatkan pengalaman bekerja dalam bidang hardskill maupun softskill.

Pasti nanti ada syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh mahasiswa, seperti Surat Keterangan Kampus, CV, Surat Izin Orang Tua, dan lain-lain. Tidak jarang pula IPK juga dilirik oleh beberapa perusahaan untuk menjadikan salah satu syarat magang. Selain ilmu baru, mahasiswa yang nanti magang biasanya mendapatkan sertifikat, pengalaman, dan juga uang saku.

Salah satu mahasiswa JTI tingkat 3, Agistya Ildha merupakan mahasiswa yang sedang magang di BUMN Semen Indonesia Tuban. Perusahaan ini merupakan produsen semen terbesar di Indonesia. Dia mendapatkan pengalaman bekerja di industri yang merupakan imu baru baginya, “Yang didapat pengalaman kerja di industri BUMN, sama ilmu tentang proses penyediaan bahan baku buat semen soalnya aku ditaruh di divisi bahan baku jadi menurutku itu ilmu baru bagiku” Ujar Agis saat diwawancarai pada Selasa (29/06/2021).

Untuk bisa magang di BUMN Semen Indonesia Tuban kita harus mengikuti beberapa tahapan. Berdasarkan cerita dari Agis, Untuk tahap pertama dia mengikuti program pemerintahan yang diadakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN yaitu Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Informasi tersebut dia dapat dari poster di sosial media. Di dalam poster itu tercantum syarat dan hak untuk bisa mengikuti program tersebut, dicantumkan pula informasi jika pendaftaran magang BUMN ini berpusat di pusat karir kampus masing-masing.

Setelah memenuhi syarat yang dibutuhkan, Agis mendaftarkan dirinya ke Polinema tepatnya di Gedung AW. Lalu tahap selanjutnya yaitu mengikuti tes internal dari Polinema. Sesudah lolos tahap tersebut, nanti akan mendapatkan email dari Polinema yang menginformasikan jika lolos tahap seleksi intenal dan pihak kampus akan mendaftarkan ke FHCI. Setelah mendapat pengumuman lolos dari pihak FHCI, kita tidak bisa memilih dimana tempat BUMN yang ingin kita jadikan tempat magang.

Jangka waktu magang di perusahaan ini yaitu 6 bulan yang di mulai dari pertengahan bulan April hingga pertengahan bulan Oktober nanti. Kegiatan magang dilaksanakan Work From Office (WFO). Keuntungan yang di dapat jika magang disana ialah, fasilitas kantor, makan siang, sertifikat BUMN, dan juga uang saku. Informasi yang disampaikan oleh Agis bahwa perekrutan karyawan hanya dilakukan saat ada lowongan pekerjaan saja, “Kalau misal langsung di rekrut tidak bisa karena tergantung BUMNnya lagi buka lowongan pekerjaan atau tidak, toh kalo juga buka lowongan kita harus ikut tahap2nya tapi paling nggak kita ada sertifikat bumn yg bisa jadi nilai tambah” Ujar Agis (MIR/FUM)