MALANG – Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) merupakan lomba bergengsi Politeknik se Indonesia di bidang Informatika. Pada hari ini, tanggal 22 Juni 2021 diadakan Opening Ceremony KMIPN di Politeknik Negeri Malang (Polinema) secara online. Sebelumnya diselenggarakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Caltex Riau. Dengan mengusung tema “Membangun SDM Unggul Melalui Inovasi dan Kreativitas di Bidang Informatika” yang nantinya diharap mahasiswa politeknik se Indonesia dapat membangun SDM yang unggul dan juga program Kampus Merdeka dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui bidang Informatika.

Peserta yang mengikuti KMIPN III ini memiliki antusias yang tinggi. Terdapat 501 tim, 27 Politeknik, 1533 mahasiswa, dan 371 karya yang menjadi peserta, tetapi hanya 101 tim yang lolos ke babak final. Ada 8 kategori perlombaan yaitu Animasi, E-Business, E-Government, Game Dev, Hackathon, Inovation, IoT, Cipta Inovasi, dan Security. Tercatat ada 11 tim Animasi, 15 tim E-Business, 15 tim E-Government, 15 tim Game Dev, 11 tim Hackathon, 15 tim IoT, 15 tim Cipta Inovasi dan 10 tim Security yang berhasil menjadi finalis KMIPN kali ini.

Opening Ceremony KMIPN kali ini dihadiri oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Ketua Bakorma, para Direktur politeknik se Indonesia, para Pembantu Direktur 3 seluruh Politeknik se Indonesia, dan Kepala Jurusan Polinema. Selain itu KMIPN di sponsori oleh PT. Indosat Tbk, PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer, PT Mora Telematika Indonesi, Bank BTN, Algorocks Studio, PT. Solusi Pembayaran Elektronik, PT. Olahkarsa Inovasi Indonesia, Technobit Indonesia, Bank Mandiri,dan Bank BNI.

Babak final dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Juni 2021. Karena adanya pandemi, acara ini dilaksanakan online agar tidak menimbulkan cluster baru. Walaupun baru kali ini KMIPN dilaksanakan secara online, tetapi tetap berjalan dengan khidmat dan juga lancar. Setelah Upacara Pembukaan dilaksanakan, para finalis melakukan tahap penjurian hingga besok. (MIR/FUM)