Sistem operasi android yang bersifat terbuka (open source) memungkinkan banyak pengembang membuat berbagai aplikasi. Ditambah lagi dengan menjamurnya gadget yang menggunakan android sebagai sistem operasinya. Belum lagi, pengembang dapat dengan mudah membagikan aplikasi yang mereka buat kepada konsumen. Namun, pendatang baru dalam bidang ini seringkali akan merasa kesulitan jika mereka ingin membuat aplikasi mobile berbasis android. Polinema, khususnya Jurusan Teknologi Informasi, memahami kesulitan ini. Bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian, Jurusan Teknologi Informasi mengadakan Pelatihan Pengembangan Aplikasi Mobile untuk platform android.

Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 13-17 November 2017 ini dibuka secara resmi oleh Awan Setiawan, Direktur Politeknik Negeri Malang, dan diikuti beberapa kalangan, mulai dari akademisi (guru, dosen, mahasiswa), beberapa kelompok yang tergabung dalam komunitas software developer, juga start-up wirausahawan. Menghadirkan pembicara dari dosen di Jurusan Teknologi Informasi yang juga merupakan praktisi di bidangnya, peserta diajari step by step cara membuat dan mengembangkan aplikasi mobile untuk platform android.

Di akhir pelatihan, peserta akan mengikuti uji kompetensi dalam bidang pengembangan aplikasi Mobile untuk platform android, dan bagi yang berhasil lulus dalam ujian akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), lembaga independen yang dibentuk pemerintah berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.(ayu)