Polinema kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Berbeda dengan tahun lalu yang masih mengusung pendaftaran di website Polinema, tahun ini Polinema bekerjasama dengan 37 Politeknik Negeri se-Indonesia menetapkan pendaftaran bersama melalui website www.pmdk.politeknik.or.id. Kesepakatan yang ditetapkan melalui Forum Direktur Politeknik negeri se-Indonesia ini diikuti 38 Politeknik Negeri dan telah dilaunching per 10 Pebruari 2014.

Sedangkan syarat dan mekanisme pendafaran cukup sederhana. Awalnya, Polinema (atau Politeknik Negeri lain) akan mengundang sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) dan memberikan username dan password untuk mendaftarkan sekolah yang bersangkutan. Selanjutnya, sekolah dapat merekomendasikan siswanya sebagai syarat untuk dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi melalui jalur PMDK-PN tersebut tanpa dipungut biaya.

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN dapat diakses pihak sekolah melalui situswww.pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang sudah diberikan Polinema/panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online.

Selain mengakses situs www.pmdk.politeknik.or.id peserta dapat juga mengakses www.polinema.ac.id (website Politeknik Negeri Malang) yang tergabung dalam PMDK-PN ini. Selanjutnya kerjasama semua pihak yang terkait dengan sistem PMDK-PN sangat diharapkan sehingga proses inidapat terlaksana sesuai dengan harapan. (jok)