LATAR BELAKANG

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan kebijakan Kampus Merdeka pada tahun 2020 dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. Implementasi kebijakan kampus merdeka direfleksikan dalam 8 (delapan) indikator kinerja utama yang tertuang dalam keputusan tersebut. Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.Pendidikan tinggi vokasi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan unggul sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Oleh karena itu, salah satu ciri pendidikan tinggi vokasi adalah kemitraan yang erat dengan dunia kerja untuk membangun link and match, melalui pengembangan kurikulum, magang industri, penerapan pembelajaran yang berorientasi pada project-based learning atau case study atau pembelajaran diluar kampus lainnya sebagai salah satu wujud implementasi Merdeka Belajar.Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi berkomitmen penuh untuk mendukung terwujudnya link and match antara pendidikan tinggi vokasi dengan dunia kerja khususnya dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia kerja yang dinamis melalui pengembangan program Diploma Dua Bekerjasama dengan SMK dan Industri. Pengembangan Program Diploma Dua Bekerjasama dengan SMK dan Industri merupakan program terobosan yang dirumuskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk memperoleh kompetensi keahlian formal yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat melalui program Diploma Dua Jalur Cepat serta memberikan kesempatan bagi lulusannya untuk mendapatkan pengalaman kerja industri secara langsung. Melalui program ini diharapkan pendidikan vokasi mampu men-supply lulusan yang terampil dan unggul dalam waktu yang lebih singkat untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.

 

Pada tahun 2022 merupakan kali pertama Politeknik Negeri Malang (Polinema) membuka Program Diploma Dua Jalur Cepat yaitu Program Diploma Dua Jalur Cepat Program Studi Pengembangan Piranti Lunak Situs (PPLS). Pembukaan Program Diploma Dua Pengembangan Piranti Lunak Situs tidak lepas dari Rencana Strategis Polinema yang fokus pada keunggulan dan keunikan Program Studi Pengembangan Piranti Lunak Situs yaitu untuk mendukung pengembangan DUDIKA dengan teknologi informasi. Ciri khas Program Studi Pengembangan Piranti Lunak Situs adalah berfokus pada pemrograman backend, pemrograman frontend dan pengembangan perangkat lunak berupa Metodologi Agile sehingga dapat tercapai profil lulusan Pemrogram Junior yang siap bekerja dan bersaing di DUDIKA. Dengan mempelajari metodologi agile, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan perangkat lunak dengan waktu yang relatif cepat dan tidak membutuhkan resource yang besar. Oleh karena itu, penyusunan kurikulum disesuaikan dengan profil lulusan, sehingga sesuai dengan penyerapan lulusan yang dibutuhkan DUDIKA.

 

Program Diploma Dua Jalur Cepat Prodi PPLS merupakan prodi di bawah Jurusan Teknologi Informasi yang diajukan oleh Prodi Sarjana Terapan D4 Teknik Informatika, dan telah memiliki ijin dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri No 118/D/OT/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 26 April 2022.

Visi

Menjadi Pusat Program Studi Unggulan Pendidikan Vokasi bidang Pengembangan Piranti Lunak Situs yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja.

Misi

a. Melaksanakan pendidikan vokasi bersama antara sekolah menengah kejuruan, perguruan tinggivokasi, dan dunia industri, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangPengembangan Piranti Lunak Situs dan sesuai dengan kebutuhan industri.

b. Melaksanakan riset bersama produk dan jasa unggulan pengembangan perangkat lunak antara SMK,PTV, dan Industri.

c. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan penerapan kompetensi Pengembangan Piranti LunakSitus yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraannya. Menjalin kerjasama dengan pihakpihak terkait (dunia usaha, dunia industri, dan SMK) dalam rangka mempersiapkan calon tenaga kerjayang kompeten.

Profil Lulusan

Profil lulusan yang hendak dicapai dalam pendidikan pada Program Diploma Dua Program Studi Pengembangan Piranti Lunak Situs adalah lulusan yang memiliki kecakapan merancang solusi sistem informasi yang dapat membantu organisasi beroperasi secara terkomputerisasi

No. Profil Lulusan Deskripsi
1. Pemrogram Junior Pemrogram Junior ahli muda dalam bidang pemrograman full stack web yang menguasai pemrograman backend, pemrograman frontend dan pengembangan perangkat lunak berupa metodologi agile.
2. Technoprenuer Technoprenuer ahli muda yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membuka layanan jasa dalam bidang produk teknologi informasi berbasis situs.

 

Metode Pembelajaran

Konsep pembelajaran Program Diploma Dua Jalur Cepat memiliki total jumlah sks yang harus ditempuh sebesar 72 sks, dimana 12 sks diperoleh melalui proses Rekognisi Pembelajaran Lampau dari pengalaman selama menempuh pendidikan di SMK, sisanya 60 sks ditempuh selama satu semester di PTV (Kampus Polinema) dan 2 semester ditempuh melalui magang di industri. Berikut kurikulum dari Program Diploma Dua Jalur Cepat Program Studi Pengembangan Piranti Lunak Situs (Tabel 2).Proses Rekognisi Pembelajaran Lampau berdasarkan dari pengalaman yang diperoleh selama masa pendidikan SMK yang berupa pengalaman kerja, portofolio karya, sertifikasi keahlian, dan prestasi yang mendukung capaian mata kuliah pada semester 1.

 

Kurikulum

Semester 1

2 SKS Pemrograman Web RPL
2 SKS Basis Data RPL
2 SKS Dasar Pemrograman RPL
2 SKS Berpikir Komputasi RPL
2 SKS Rekayasa PerangkatLunak RPL
2 SKS Bahasa Inggris RPL

Semester 2
3 SKS Pemrograman Frontend Kuliah PTV

3 SKS PemrogramanBackend Kuliah PTV

3 SKS Perancangan Antarmuka Kuliah PTV

3 SKS Basis Data Lanjut Kuliah PTV
2 SKS Agama Kuliah PTV
2 SKS Pancasila Kuliah PTV
2 SKS Kewarganegraan Kuliah PTV
2 SKS Bahasa Indonesia Kuliah PTV

Semester 3
3 SKS Ilmu Komunikasi dan Organisasi Magang
6 SKS Proyek 1 Magang
3 SKS Teknik Dokumentasi Magang
3 SKS Metodologi Agile Magang
2 SKS Keselamatan dan Kesehatan Kerja Magang

3 SKS Pengujian Perangkat Lunak Magang

Semester 4

6 SKS Proyek 2 Magang
2 SKS Etika Profesi Magang
12 SKS Laporan Akhir Magang