Malang – Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan event resmi Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Melalui kegiatan PIMNAS lahir berbagai gagasan dan ide kreatif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

Politeknik Negeri Malang berhasil meloloskan 6 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022. Salah satunya 2 tim yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. 2 Tim tersebut mencangkup 6 mahasiswa diantaranya Muhammad Ali Zulfikar (Teknik Informatika – 2021), Atmayanti (Teknik Informatika – 2020), Dhayu Intan Nareswari (Teknik Informatika – 2021) dengan judul “Inovasi Pengembangan Sistem Transportasi Umum Cerdas (Smart Transportation) dalam Rangka Mewujudkan Keberlanjutan Kota dan Komunitas (Sustainable City And Communities)” kemudian Muhammad Yuki Miftakhurrizqi (Teknik Informatika – 2021), Fildzah Festy Sharfina Adani (Teknik Informatika – 2021), Deatrisya Mirela Harahap (Teknik Informatika – 2020) dengan judul “Sistem Alokasi Air Berbasis Sistem Informasi Geografis di Perusahaan Umum Jasa Tirta 1 Kota Malang”.

Mahasiswa yang merupakan finalis dari PKM tersebut akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa.

(OSY/FUM)