MALANG  – Pada Kantor Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang layanan administrasi merupakan layanan utama dan berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Layanan administrasi yang dimaksud dapat berupa penerbitan surat keterangan, surat pengantar, surat rekomendasi, legalisir dan surat-surat lainnya. Tetapi ternyata terdapat hambatan pada layanan administrasi pada Kantor Desa Karangduren. Hambatan tersebut dikarenakan oleh jaringan komputer yang mulanya, komputer yang menyimpan data dan aplikasi repositori persuratan belum terhubung dengan komputer yang lain, sehingga mengakibatkan pemrosesan dokumen dilakukan secara lamban.

Mengetahui hal tersebut, Pada tanggal 10 Agustus 2022 Politeknik Negeri Malang (Polinema) membantu dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Kegiatan tersebut berupa implementasi instalasi jaringan komputer untuk penunjang aplikasi repositori persuratan di Kantor Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Upaya ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Inginnya dengan melakukan instalasi jaringan komputer di kantor desa, akan membuat semua komputer yang ada di kantor desa dapat terhubung, Sehingga dapat membantu proses layanan administrasi pada Kantor Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Selain mengerahkan seluruh tim PPM, aksi ini juga melibatkan mahasiswa. Mahasiswa memiliki peran dalam kegiatan survei untuk analisa kebutuhan sistem dan implementasi instalasi jaringan komputer pada desa Karangduren Kabupaten Malang dan pembuatan modul desain jaringan komputer.

Setelah tergarap, Pengabdian ini menghasilkan prototipe aplikasi sistem repositori dan desain instalasi jaringan komputer. Kegiatan PPM sesuai dengan perencanaan strategis dan fokus PPM Politeknik Negeri Malang 2021-2025, tentang Revitalisasi infrastruktur sosial dan pariwisata. Kegiatan PPM ini dengan Program pengembangan desa mitra, meliputi Penguatan melalui aplikasi sains dan teknologi, model kebijakan, serta rekayasa sosial berbasis riset.

(MIR/FUM)