Malang – Sekolah Al-Fath Malang merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan kelompok bermain dan taman kanak-kanak yang terletak di Jalan Hamid Rusdi III no 179-180 Malang. Saat ini pengenalan sekolah menggunakan brosur ataupun spanduk yang berisi informasi sekolah sehingga memiliki keterbatasan dalam mendapatkan informasi, jika ingin mendapatkan informasi lebih dalam pihak calon wali murid datang langsung ke sekolah untuk bertanya ke pihak sekolah sesuai informasi apa yang mereka butuhkan, ataupun dapat menghubungi contact person sekolah Al-Fath yang dapat dihubungi lewat whatsapp, contact person di sekolah. Terdapat 2 guru, yang merangkap menjadi customer service dari total 5 guru yang tersedia, dalam 1 hari terdapat 10 calon wali murid yang menghubungi tetapi tidak terlayani karena keterbatasan customer service dalam menanganinya dan juga membalasnya lama hingga lupa tidak terjawab, sehingga calon wali murid terhambat dalam mendapatkan informasi. Pencatatan data siswa maupun guru masih menggunakan media cetak, lalu data tersebut di masukkan kedalam DAPODIK oleh admin sekolah, sedangkan dalam pendaftaran tidak jauh beda yaitu calon siswa baru mengisi formulir kertas pendaftaran dan diserahkan ke pihak sekolah, sehingga dari pelayanan sekolah Al-Fath yaitu customer service yang kurang bagus bisa berdampak buruk bagi pelayanan sekolah dan penggunaan media cetak dalam penginputan data serta pendaftaran  yang dilakukan dengan media kertas memiliki kelemahan yaitu suatu saat data itu dapat hilang ataupun rusak.

Dengan adanya permasalahan ini, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari dosen JTI Polinema yang diketuai oleh Ibu Meyti Eka Apriyani dan beranggotakan Dika Ainul Luthfi, Elok Nur Hamdana , Dika Rizky Yunianto, M. Unggul Pamenang, Deddy Kusbianto Purwoko Aji, Rosa Andrie Asmara bekerja sama dengan Sekolah KB/TK Alfath  untuk mengembangkan aplikasi terkait sistem informasi akademik.

Web aplikasi sistem informasi pada sekolah Al-Fath Malang ini menyediakan informasi tentang sekolah tersebut, pada web ini memiliki 2 role yaitu admin sekolah dan user yang merupakan calon wali murid. Dimana admin sekolah melakukan permintaan ke internet lalu direspon dengan menampilkan website yang dapat melakukan pengelolaan layanan informasi dan akademik sedangkan pengunjung melakukan permintaan ke internet lalu direspon juga dengan menampilkan website yang dapat melihat informasi sekolah Desain antar muka sistem informasi website terdiri dari dua bagian yaitu front end dan back end. Front end terdiri dari tampilan antar muka website antara lain halaman menu profil, informasi, berita, galeri foto, kegiatan sekolah, pendaftaran, kontak kami dan login. Halaman profil yaitu Halaman yang menampilkan informasi penjelasan singkat, visi misi, galeri foto, kegiatan dan guru sekolah kb-tk al-fath

Dari aplikasi ini, prototipe yang dibuat yaitu terkait Sistem informasi.  Aplikasi ini berfungsi sebagai media penyimpanan data siswa KB/TK Alfath Malang. “Jadi nantinya aplikasi sistem informasi ini langsung dapat digunakan kepada calon orang tua murid yang ingin mendapatkan seputar info tentang sekolah dan pendaftaran siswa baru secara update dan dapat dimanapun diakses.” ucap Ibu Meyti Eka selaku ketua tim PkM.

Lebih lanjut, aplikasi ini juga berfungsi untuk memudahkan admin sekolah untuk melihat data jumlah siswa perkelas jumlah data kelulusan siswa dan jumlah siswa pindah sekolah, data guru, data info serta data pendaftaran siswa baru Dalam aplikasi ini, Halaman dashboard admin juga berisi data siswa untuk beberapa tingkatan yaitu KB kecil, KB besar, TKA, TKB. menunjukkan halaman dashboard admin dan admin dapat membuat laporan data yang update dalam sistem informasi ini.

Selain pembuatan aplikasi, tim dosen JTI Polinema dibantu dengan mahasiswa juga memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang aplikasi sistem informasi yang akan digunakan oleh Sekolah KB/TK Alfath. Sosialisasi ini berguna agar admin dan semua guru mendapatkan upgrade teknologi terkait dengan dokumentasi komputerisasi dan penggunaan sistem informasi akademik Sekolah KB/TK Alfath.” tutup Ibu Meyti Eka.