Malang – Politeknik Negeri Malang menyelenggar kegiatan yang bernama “Expo Produk dan Inovasi Penguatan Link & Match” pada tanggal 23-25 Mei 2022 di Gedung Graha Polinema dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselanggarakan untuk memperingati Dies Natalis Politeknik Negeri Malang yang ke-40. Kegiatan ini digelar sebagai wujud meningkatkan kerjasamanya dengan mitra kerja industri dan dunia kerja serta mendukung terlaksananya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pada hari pertama, Polinema melaksanakan launching dan peresmian beberapa inovasi diantaranya adalah E-Bike Sharing, Rooftop Solar Panel, Teaching Factory Tuyoqu, Mal Serfikasi, Pusat Pelatihan Instalasi dan Perawatan Rooftop Solar Panel, Certified Training Center Allplan, Glodon Authorized Training Center, dan Laboratorium BIM (Building Information Modelling). Kemudian di hari kedua dan ketiga terdapat talkshow yaitu Industrial Partnership dalam Mendukung Penelitian Terapan pada Pendidikan Vokasi dan Link and Match IDUKA untuk Penguatan Pusat Unggulan Teknologi.

Jurusan Teknologi Informasi pun turut memeriahkan kegiatan ini dimana terdapat booth JTI pada expo tersebut. Terdapat berbagai produk-produk unggulan yang dipamerkan seperti, Edu-IoT Ecosystem, Smart Home, Xecia Chronicle Game, Mixed Reality Untuk Pembelajaran Anatomi Jantung, dan Web PTV. Produk-produk tersebut merupakan karya dari mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi. Booth didesain semenarik mungkin agar menarik pengunjung selain itu terdapat berbagai merchandise yang disediakan untuk pengunjung. Pengunjung juga dapat mencoba produk-produk yang disediakan.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung mahasiswa untuk bisa menjadi wirausahawan serta menginspirasi mereka. Tak hanya menjadi job seeker, tetapi juga bisa menjadi job maker. Kita lakukan melalui kurikulum bermuatan mata kuliah kewirausahaan, program kegiatan kewirausahaan maupun program magang kewirausahaan.

(OSY/FUM)