Malang – Dengan adanya pandemic Covid-19 ini, tradisi pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara online jarak jauh atau biasa disebut dengan daring, budaya tersebut menuntut para dosen untuk berkratifitas dalam mendesain dan membuat pembelajaran semenarik mungkin secara elektronik yang dapat mendukung pembelajaran di tengah pandemic Covid-19 untuk meningkatkan minat baca mahasiswa. Kegiatan Workshop ini dilakukan secara daring selama dua hari pada tanggal 12-13 Agustus 2021 pukul 09.00-15.00 WIB melalui virtual zoom yang diikuti oleh umum terdiri dari dosen dari berbagai institusi, mahasiswa, dan lain-lain yang lebih dari 200 peserta.

Sambutan dilakukan oleh Bpk. Rudy Ariyanto, ST, MT selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Workshop ini dengan narasumber yang sudah berkompeten di bidangnya yaitu Bapak Rudy Kurniawan, S.Pd selaku Intruktur TI PROBIS Universitas Negeri Malang. Beliau memaparkan materi terkait Pembuatan EBook Interaktif, topik materi yang dipapakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menyiapkan dan mengedit foto menggunakan Adobe Photoshop
  2. Mendesain buku menggunakan Adobe Indesign
  3. Menyiapkan dan mengedit audio menggunakan Audacity
  4. Menyiapkan dan mengedit video menggunakan Wondershare Filmora
  5. Membuat E-Book Interaktif menggunakan file PDF Profesional

Dalam pembuatan E-Book tersebut juga dapat dimasukkan beberapa animasi dan link untuk menuju halaman lainnya.  Beliau juga memaparkan beberapa tutotial langkah-langkah mulai dari Import PDF file, Design and CustomizeSave and Refresh, and Flexible Output. Disini, para peserta juga diberikan contoh dari flipbook yang sangat menarik. Setelah pemaparan materi ini, beliau juga meberi kesempatan bertanya untuk para peserta tanya jawab di grup whatsapp yang disediakan oleh panitia. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut peserta harus mengumpulkan tugas sesuai dengan ketentuan Panitia Workshop dan batas akhir pengumpulan seminggu setelah berakhirnya Workshop.

Dengan adanya Workshop ini diharapkan terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan para dosen dalam pembuatan bahan ajar secara eletronik yang menyenangkan dan menarik, selain itu mereka juga harus mengembangkan pemahaman dan kenterampilan tersebut dalam merancang E-Book yang interaktif.

(OSY/ODT)