Membaca kebutuhan akan database administrator, Jurusan Teknologi Informasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian  (Kemenperin) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Pengadministrasian Database. Dibuka langsung oleh Awan Setiawan, Direktur Politeknik Negeri Malang, kegiatan yang dilaksanakan tanggal 27 Nopember sampai dengan 1 Desember 2017 di Gedung Sipil dan TI lantai 7 Politeknik Negeri Malang, ini diikuti berbagai lapisan masyarakat, mulai dari fresh graduate, startup wirausaha, mahasiswa bahkan pengajar. Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan dan perbaikan database organisasi. Mereka juga dikenal dengan Database Programmer, dan terkait erat dengan Database Analyst, Database Modeler, Programmer Analyst, dan Systems Manager.

Materi yang diberikan pada pelatihan dan sertifikasi ini terkait dengan Structured Query Language (SQL) server dan administrasi Structured Query Language (SQL) server, dengan menghadirkan narasumber dari jajaran pengajar di Jurusan Teknologi Informasi Polinema . Setelah mengikuti pelatihan, ke-20 orang peserta akan mengikuti ujian sertifikasi, dengan menghadirkan tim asesor dari INIXINDO. Setelah mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini, peserta akan mendapatkan dua buah sertifikat, yaitu sertifikat keikutsertaan pelatihan dan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelatihan dan sertifikasi ini sendiri bukan yang pertama kalinya digelar oleh Jurusan Teknologi Informasi. Beberapa waktu yang lalu, masih bekerjasama dengan Kemenperin, Jurusan Teknologi Informasi juga menggelar pelatihan animasi, juga pelatihan pengembangan aplikasi mobile untuk platform android. Setelah mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan, sehingga dapat menciptakan tenaga kerja yang berkualitas, produktif, berkeahlian dan mampu menciptakan lapangan kerja baru. (ayu)