Bulan November ini menjadi momen penting bagi 1.344 orang tua lulusan Politeknik Negeri Malang. Tak hanya menyaksikan keberhasilan putra putri mereka dalam menempuh pendidikan di Polinema, tapi juga merayakan kebanggaan mereka atas suksesnya putra putri mereka dalam memasuki dunia kerja, sesuai dengan perusahaan yang mereka inginkan. Dipimpin oleh Direktur Polinema, Ir. Tundung Subali Patma, MT, prosesi sakral wisuda kelulusan digelar di gedung baru Polinema , Graha Polinema.

Gedung empat lantai berkapasitas 6.000 orang yang terletak di sisi timur gedung utama ini seakan menjadi saksi bisu atas kebanggaan wisudawan. Dari 1.344 wisudawan, baik dari D3 maupun Sarjana, 1.021 orang berhasil memantapkan posisinya di dunia kerja. Ini berarti, sekitar 75,9% dari total keseluruhan wisudawan Polinema telah bekerja sebelum wisuda. Hal ini merupakan salah satu hal yang membuktikan bahwa, selama 31 tahun berkiprah di dunia pendidikan, Polinema merupakan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas. “Indikator kualitas itu sendiri tercermin dari banyak faktor, diantaranya banyaknya lulusan yang diterima kerja sebelum diwisuda, kemudian terselenggaranya beberapa kelas industri, seperti D3-PLN, D3-Alfamart, serta D3-Pemkab Bintuni,” papar Direktur dalam sambutannya.

Proses penyerapan calon wisudawan Polinema difasilitasi oleh Job Placement Center (JPC). Disini, ratusan perusahaan asing maupun nasional bersaing memperebutkan lulusan berkualitas yang dilahirkan oleh Polinema. Beberapa perusahaan yang telah menyerap lulusan Polinema, diantaranya PT. Pertamina, PT. PLN, PT. Pama Persada, PT. Bukit Makmur, PT. Conoco Philip, PT. United Tractor, dan banyak lagi.

Jumlah lulusan Polinema yang terserap di dunia industri sebelum wisuda juga terbukti meningkat setiap tahun. Hal ini berarti, masa tunggu lulusan Polinema untuk mendapatkan pekerjaan adalah 0 (nol) bulan. “Sedangkan bagi yang masih belum bekerja, akan segera kami fasilitasi dengan gelaran open recruitment,” lanjutnya ketika ditemui usai wisuda. (yoe)