D-IV Teknik Informatika
Program D-IV berdiri pada tahun 2010 dengan SK MENDIKNAS No. 50/D/O/2010. Merupakan salah satu dari program studi di Jurusan Teknologi Informasi Konsentrasi Sistem Informasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan Bidan Sistem Informasi. Saat ini Prodi TI memiliki peringkat akreditasi B dengan Nomor Surat 1810/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VII/2018.
Visi Program Studi D4 – Teknik Informatika (TI) :
Menjadi program studi yang unggul dalam bidang teknik informatika baik di tingkat nasional maupun internasional.
Misi Program Studi D4 – Teknik Informatika (TI) :
- Melaksanakan Pendidikan Vokasi Yang Inovatif Berdasarkan Pada Sistem Pendidikan Terapan Dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi, Sehingga Mampu Menghasilkan Lulusan Yang Memiliki Kompetensi Di Bidang Teknik Informatika Dan Siap Bersaing Di Tingkat Nasional Dan Global.
- Menyelenggarakan Penelitian Terapan Berbasis Produk Dan Jasa Bidang Teknik Informatika.
- Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Dengan Menggunakan Kemajuan Teknik Informatika Untuk Meningkatkan Kesejahteraan.
- Menyelenggarakan Sistem Pengelolaan Pendidikan Vokasi bidang Teknik Informatika Dengan Berdasar Pada Prinsip – Prinsip Tata Pamong Dan Kepemimpinan Yang Baik
- Mewujudkan Kerja sama Yang Saling Menguntungkan Dengan Berbagai Pihak Baik Di Dalam Maupun Di Luar Negeri Pada Bidang Teknik Informatika.
Visi Keilmuan D4 – Teknik Informatika (TI) :
Menjadi Program Studi Unggul dalam Teknik Informatika dengan Menghasilkan Lulusan yang Mampu Mengembangkan Solusi dan Layanan Teknologi Informasi
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan bidang teknik informatika yang sesuai kebutuhan, beretika dan bermoral baik, berpengetahuan dan berketerampilan tinggi, siap bekerja dan/atau berwirausaha yang mampu bersaing dalam skala nasional dan global;
- Menghasilkan penelitian terapan bidang teknik informatika yang berskala nasional dan internasional, meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas dalam dunia usaha dan industri, serta mengarah pada pencapaian Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), perolehan paten, dan kesejahteraan masyarakat;
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemberian layanan hasil secara profesional dalam bidang teknik informatika sehingga bermanfaat secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
- Menghasilkan sistem manajemen pendidikan bidang teknik informatika yang memenuhi prinsip-prinsip tata kelola yang baik; dan
- Terwujudnya kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang teknik informatika untuk meningkatkan daya saing
Setelah menyelesaikan pendidikan jenjang D-IV Teknik Informatika posisi (Job Roles) yang dapat ditempati lulusan adalah menjadi :
- IT Project Manager
- IT Team Leader
- Programmer (Web, Desktop, Mobile, Multimedia)
- System Analist
Lulusan Program Studi D-IV Teknik Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, Militer, dan wirausaha
Capaian Pembelajaran Skripsi | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK (Algoritma, Pemrograman, Basis Data, Jaringan Komputer, dan lain-lain), sains rekayasa, dan prinsip rekayasa dalam bidang TIK secara mendalam. |
PP2 | Menguasai metode pengembangan produk TIK untuk memberikan solusi yang tepat melalui satu atau lebih domain aplikasi. |
PP3 | Menguasai teknik dokumentasi dan penjaminan mutu produk TIK. |
PP4 | Menguasai prinsip komputasi cerdas dalam Teknik pembuktian lojik dan matematis (logic & mathematical proof) untuk menghasilkan alternatif solusi yang efektif secara mendalam. |
PP5 | Menguasai pengetahuan tentang penjaminan kualitas dan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam pengembangan produk TIK. |
PP6 | Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan internasional. |
PP7 | Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan isu terkini (etika, sosial, legal, dan ekonomi) terkait bidang TIK. |
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu menerapkan matematika terapan, pengetahuan komputasi (Algoritma, Pemrograman dan Basis Data), sains rekayasa, dan prinsip rekayasa dalam bidang pengembangan perangkat lunak (desktop, web maupun mobile), jaringan computer dan bidang TIK / IPTEKS lainnya (vision – graphic, embeded, Sistem Informasi, Sistem Cerdas, Business Intelegence, dll |
KK2 | Mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan, merancang, merealisasikan dan melakukan pengujian produk TIK / IPTEKS |
KK3 | Mampu mendokumentasikan dan melakukan penjaminan mutu pada setiap proses pengembangan, penggunaan, modifikasi, pemeliharaan dan keamanan produk TIK / IPTEKS |
KK4 | Mampu memanfaatkan komputasi cerdas dalam proses pemecahan masalah berdasarkan analisis dan informasi pada produk TIK |
KK5 | Mampu mengelola sumberdaya berupa Waktu, SDM, biaya untuk pengembangan produk TIK / IPTEKS dengan memanfaatkan perangkat lunak managemen proyek |
KK6 | Mampu menggunakan teknologi terkini terkait bidang TIK / IPTEKS untuk menghadirkan solusi teknologi informasi |
Keterampilan Umum | |
KU 1 | Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. |
KU3 | Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU4 | Mampu menyusun hasil kajian kasus penerapan di bidang keahlian yang dimiliki kedalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya. |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU10 | Mampu mengenali kebutuhan, melakukan adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat). |
KU11 | Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional secara lisan dan tulisan. |
Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di Program Studi D4 – Teknik Informatika adalah:
– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Reguler (SNBP/SNBT) Rp 5.000.000,00 / semester.
– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Mandiri Rp 6.500.000,00 / semester.
No. | Mata Kuliah | SKS |
SEMESTER 1 | ||
1. | Pancasila | 2 |
2. | Konsep Teknologi Informasi | 2 |
3. | Critical Thinking and Problem Solving | 2 |
4. | Bahasa Inggris 1 | 2 |
5. | Dasar Pemrograman | 2 |
6. | Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 2 |
7. | Matematika Dasar | 3 |
8. | Praktikum Dasar Pemrograman | 3 |
Total SKS | 18 | |
SEMESTER 2 | ||
1. | Agama | 2 |
2. | Aljabar Linier | 2 |
3. | Sistem Operasi | 2 |
4. | Rekayasa Perangkat Lunak | 2 |
5. | Basis Data | 2 |
6. | Praktikum Basis Data | 2 |
7. | Algoritma dan Struktur Data | 2 |
8. | Praktikum Algoritma dan Struktur Data | 2 |
9. | Desain Antarmuka | 2 |
Total SKS | 18 | |
SEMESTER 3 | ||
1. | Kecerdasan Artifisial | 2 |
2. | Manajemen Proyek | 2 |
3. | Metode Numerik | 2 |
4. | Pemrograman Berbasis Objek | 2 |
5. | Praktikum Pemrograman Berbasis Objek | 2 |
6. | Sistem Informasi Manajemen | 2 |
7. | Bahasa Inggris 2 | 2 |
8. | Desain & Pemrograman Web | 3 |
9. | Basis Data Lanjut | 3 |
Total SKS | 20 | |
SEMESTER 4 | ||
1. | Analisis dan Desain Berorientasi Objek | 2 |
2. | Business Intelligence | 2 |
3. | Statistik Komputasi | 2 |
4. | Jaringan Komputer | 2 |
5. | Praktikum Jaringan Komputer | 2 |
6. | Bahasa Indonesia | 2 |
7. | Sistem Pendukung Keputusan | 2 |
8. | Proyek Sistem Informasi | 3 |
9. | Pemrograman Web Lanjut | 3 |
Total SKS | 20 | |
SEMESTER 5 | ||
1. | Kewarganegaraan | 2 |
2. | Kewirausahaan Berbasis Teknologi | 2 |
3. | Bahasa Inggris Persiapan Kerja | 2 |
4. | Metodologi Penelitian | 2 |
5. | Administrasi dan Keamanan Jaringan | 2 |
6. | Pemrograman Mobile | 3 |
7. | Pembelajaran Mesin | 3 |
8. | Pengolahan Citra dan Visi Komputer | 3 |
9. | Keamanan Sistem Informasi | 4 |
Total SKS | 23 | |
SEMESTER 6 | ||
1. | Penjaminan Mutu Perangkat Lunak | 2 |
2. | Cloud Computing | 2 |
3. | Pemrograman Berbasis Framework | 2 |
4. | Teknologi Terapan | 2 |
5. | Purwarupa Produk | 2 |
6. | Big Data | 3 |
7. | Internet Of Things | 3 |
8. | Workshop Teknologi Terapan | 3 |
9. | Rekayasa Sistem | 3 |
10. | Validasi Ide Bisnis | 3 |
11. | Analisis Proses Bisnis | 3 |
12. | Komunikasi dan Etika Profesi | 2 |
13. | Proyek Teknologi Terintegrasi | 6 |
14. | Proyek Inovasi | 6 |
15. | Proyek Kewirausahaan | 6 |
Total SKS | 48 | |
SEMESTER 7 | ||
1. | Kepemimpinan Bidang IT | 2 |
2. | Tren Teknologi | 2 |
3. | Strategi Pemasaran | 2 |
4. | Workshop Tren Teknologi | 2 |
5. | Kelayakan Produk Minimal | 2 |
6. | Komputasi Hijau | 4 |
7. | Perancangan Produk Kreatif | 6 |
8. | Proyek Kolaboratif | 6 |
9. | Proyek Inovasi Bisnis | 6 |
10. | Magang | 10 |
Total SKS | 42 | |
SEMESTER 8 | ||
1. | Pengembangan Karir | 2 |
2. | Skripsi | 8 |
3. | Inovasi dan Pemikiran desain | 5 |
4. | Pemecahan Masalah Kompleks | 5 |
Total SKS | 20 |