Laboratorium Multimedia dan Perangkat Bergerak

PROFIL LABORATORIUM

Laboratorium Multimedia dan Perangkat Bergerak merupakan salah satu laboratorium unggulan di Jurusan Teknologi Informasi yang berfokus pada riset, pengembangan, serta implementasi teknologi mobile computing dan multimedia interaktif.

VISI

Memposisikan Lab Multimedia & Game sebagai pusat keunggulan yang responsif terhadap kebutuhan industri dan pendidikan tinggi.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan praktikum dan penelitian yang berkualitas di bidang aplikasi teknologi Immersive, mobile, multimedia, serta teknologi interaktif.
  • Mengembangkan riset dan inovasi berbasis mobile computing, multimedia, VR/AR, dan sensor interaktif untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menyediakan fasilitas laboratorium yang modern dan relevan dengan perkembangan industri agar mahasiswa dapat menguasai keterampilan yang aplikatif
  • Mendorong kolaborasi antara mahasiswa, dosen, industri, dan masyarakat dalam pengembangan solusi berbasis teknologi multimedia dan perangkat bergerak.
  • Menghasilkan karya inovatif berupa aplikasi, produk, maupun publikasi ilmiah yang memberi manfaat nyata bagi masyarakat dan mendukung kemajuan bangsa.

PERAN & KONTRIBUSI

  • Membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis dan teoritis di bidang mobile dan multimedia.
  • Menjadi inkubator ide kreatif dalam menciptakan solusi berbasis teknologi interaktif.
  • Mendukung pengembangan keilmuan sekaligus memfasilitasi kolaborasi dengan industri maupun institusi penelitian lain.

Fokus Riset

Disabilitas & Inklusif UI/UX Games VR (Realitas Virtual) AR (Realitas Tertambah) MR (Realitas Campuran) Pembelajaran Holistik

Sorotan Publikasi

2025
2024
2023
2022
2021
2020
2019
2018
2017
2016
2014
2013

Anggota Tim

Fasilitas & Peralatan

Perangkat Lunak

Android Studio, Unity, OpenCV, dan tools pendukung pengembangan multimedia.

Perangkat Keras

Headset VR, berbagai sensor interaktif, Personal Computer dengan spesifikasi Gamers.

Kegiatan & Proyek

Praktikum Mahasiswa

Praktikum mahasiswa pada mata kuliah terkait mobile computing, multimedia, dan interaksi manusia-komputer.

Penelitian

Penelitian dosen dan mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional.

Riset Terapan

Pengembangan aplikasi inovatif yang berorientasi pada kebutuhan industri, pendidikan, dan masyarakat.

Perkuliahan Terkait

Desain Antarmuka

Mempelajari prinsip-prinsip desain visual, tata letak, dan elemen estetika untuk menciptakan tampilan aplikasi yang intuitif dan menarik (User Interface / UI).

Interaksi Manusia dan Komputer

Memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem komputer, termasuk prinsip ergonomi, psikologi kognitif, dan evaluasi kegunaan (Usability).

Pemrograman Frontend

Menguasai teknologi web (HTML, CSS, JavaScript, frameworks) untuk membangun bagian dari aplikasi yang dilihat dan diakses langsung oleh pengguna di sisi klien.

Pemrograman Mobile

Mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat seluler (Android/iOS) menggunakan bahasa pemrograman dan kerangka kerja spesifik untuk platform tersebut.

  • Lokasi: Gedung Jurusan Teknologi Informasi — Lantai 8 Barat
  • Surel: –
  • Jam layanan: Senin—Jumat 08.00—16.00
Translate »