Laboratorium Multimedia dan Perangkat Bergerak
PROFIL LABORATORIUM
Laboratorium Multimedia dan Perangkat Bergerak merupakan salah satu laboratorium unggulan di Jurusan Teknologi Informasi yang berfokus pada riset, pengembangan, serta implementasi teknologi mobile computing dan multimedia interaktif.
VISI
Memposisikan Lab Multimedia & Game sebagai pusat keunggulan yang responsif terhadap kebutuhan industri dan pendidikan tinggi.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan praktikum dan penelitian yang berkualitas di bidang aplikasi teknologi Immersive, mobile, multimedia, serta teknologi interaktif.
- Mengembangkan riset dan inovasi berbasis mobile computing, multimedia, VR/AR, dan sensor interaktif untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Menyediakan fasilitas laboratorium yang modern dan relevan dengan perkembangan industri agar mahasiswa dapat menguasai keterampilan yang aplikatif
- Mendorong kolaborasi antara mahasiswa, dosen, industri, dan masyarakat dalam pengembangan solusi berbasis teknologi multimedia dan perangkat bergerak.
- Menghasilkan karya inovatif berupa aplikasi, produk, maupun publikasi ilmiah yang memberi manfaat nyata bagi masyarakat dan mendukung kemajuan bangsa.
PERAN & KONTRIBUSI
- Membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis dan teoritis di bidang mobile dan multimedia.
- Menjadi inkubator ide kreatif dalam menciptakan solusi berbasis teknologi interaktif.
- Mendukung pengembangan keilmuan sekaligus memfasilitasi kolaborasi dengan industri maupun institusi penelitian lain.
Fokus Riset
Sorotan Publikasi
Anggota Tim
Dimas Wahyu Wibowo, ST., MT.
Eka Larasati Amalia, S.ST., MT.
Bagas Satya Dian Nugraha, ST., MT.
Anugrah Nur Rahmanto, S.Sn., M.Ds
Adevian Fairuz Pratama,S.S.T, M.Eng.
Retno Damayanti, S.Pd., M.T.
Fasilitas & Peralatan
Perangkat Lunak
Android Studio, Unity, OpenCV, dan tools pendukung pengembangan multimedia.
Perangkat Keras
Headset VR, berbagai sensor interaktif, Personal Computer dengan spesifikasi Gamers.
Kegiatan & Proyek
Praktikum Mahasiswa
Praktikum mahasiswa pada mata kuliah terkait mobile computing, multimedia, dan interaksi manusia-komputer.
Penelitian
Penelitian dosen dan mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional.
Riset Terapan
Pengembangan aplikasi inovatif yang berorientasi pada kebutuhan industri, pendidikan, dan masyarakat.
Perkuliahan Terkait
Desain Antarmuka
Mempelajari prinsip-prinsip desain visual, tata letak, dan elemen estetika untuk menciptakan tampilan aplikasi yang intuitif dan menarik (User Interface / UI).
Interaksi Manusia dan Komputer
Memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem komputer, termasuk prinsip ergonomi, psikologi kognitif, dan evaluasi kegunaan (Usability).
Pemrograman Frontend
Menguasai teknologi web (HTML, CSS, JavaScript, frameworks) untuk membangun bagian dari aplikasi yang dilihat dan diakses langsung oleh pengguna di sisi klien.
Pemrograman Mobile
Mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat seluler (Android/iOS) menggunakan bahasa pemrograman dan kerangka kerja spesifik untuk platform tersebut.
SOP & Layanan
- Lokasi: Gedung Jurusan Teknologi Informasi — Lantai 8 Barat
- Surel: –
- Jam layanan: Senin—Jumat 08.00—16.00


