D-III Manajemen Informatika (PSDKU Kediri)

Program Studi Diploma-III Manajemen Informatika PSDKU Polinema di Kota Kediri menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang Teknologi Informasi yang berada di bawah Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema). Program Studi D-III Manajemen Informatika PSDKU Polinema Kediri yang disingkat “PS D3 MI PSDKU Polinema di Kota Kediri” merupakan bentuk alih status institusi pendidikan yang dulunya dikelola oleh Pemerintah daerah Kota Kediri dengan nama “POLITEKNIK KEDIRI” yang berdiri sejak tahun 2008.

VISI :

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang teknologi informasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

MISI :

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi yang inovatif berdasarkan pada sistem pendidikan terapan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi dan siap bersaing di tingkat nasional dan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan berbasis produk dan jasa bidang teknologi informasi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kesejahteraan.
  4. Menyelenggarakan Sistem Pengelolaan Pendidikan Vokasi Teknologi Informasi dengan Berdasar pada Prinsip-prinsip Tata pamong dan Kepemimpinan yang Baik.
  5. Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang teknologi informasi.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan bidang teknologi informasi yang berkebutuhan, beretika dan bermoral baik, berpengetahuan dan berketerampilan tinggi, siap bekerja dan/atau berwirausaha yang mampu bersaing dalam skala nasional dan global.
  2. Menghasilkan penelitian terapan bidang teknologi informasi yang berskala nasional dan internasional, meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam dunia usaha dan industri, serta mengarah pada pencapaian Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI), perolehan paten, dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemberian layanan hasil secara profesional dalam bidang teknologi informasi sehingga bermanfaat secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan Sistem Manajemen Pendidikan Bidang Teknologi Informasi yang Memenuhi Prinsip-Prinsip Tata Kelola yang Baik.
  5. Terwujudnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing
  1. Application Developer : Mampu merancang, membuat, dan mengembangkan perangkat lunak desktop, web, dan mobile secara mandiri maupun dalam tim kerja untuk berbagai tujuan seperti bisnis (e-Commerce), pemerintahan (e-Government), Pendidikan (e-Learning), usaha mandiri (enterpreuner) dan sebagainya.
  2. Network Enginer & Adminitrator : Mampu merancang, membuat dan mengkonfigurasi sistem jaringan komputer baik kabel, dan nirkabel untuk LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).
  3. IT Technical Support : Mampu memastikan kelancaran sistem komputer dan memastikan pengguna mendapatkan pelayanan IT dan produk berbasis multimedia

Capaian Pembelajaran Sikap

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan

agama,moral, dan etika.

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,

bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki

nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta

pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan

lingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.



Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

PP1

Menguasai konsep teoritis matematika dan dasar rekayasa dalam bidang

pengembangan perangkat lunak (desktop, web maupun mobile), jaringan komputer

dan bidang TIK lainnya sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan.

PP2

Menguasai pengetahuan dasar TIK (algoritma dasar, struktur data dan manipulasinya,

bahasa-bahasa pemrograman, basisdata, jaringan komputer,dll) untuk menyelesaikan

masalah TIK yang ada.

PP3

Menguasai konsep pemodelan basis data, baik secara konseptual. Logical dan physical

untuk kebutuhan sistim informasi yang terkomputerisasi.

PP4

Menguasai metode pengembangan produk TIK untuk memberikan solusi yang tepat

melalui satu atau lebih domain aplikasi.

PP5

Menguasai konsep teoritis tentang metode pengujian dan dokumentasi produk TIK

menggunakan pendekatan metode yang sesuai.

PP6

Menguasai pengetahuan tentang penjaminan kualitas dan prinsip keselamatan dan

kesehatan kerja (K3) dalam pengembangan produk TIK.

PP7

Menguasai pengetahuan tentang komputasi cerdas dalam proses pemecahan masalah

berdasarkan analisis dan informasi yang telah terdifinisi.



Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

KK1

Mampu menerapkan matematika dan dasar rekayasa dalam bidang pengembangan

perangkat lunak (desktop, web maupun mobile), jaringan komputer dan bidang TIK

lainnya sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan.

KK2

Mampu melakukan transformasi model penyelesaian masalah menjadi algoritma dan

melakukan transformasi algoritma menjadi source program dengan bahasa

pemprograman terkini yang sesuai dengan platform teknologi yang dipersyaratkan

pada Software Requirements Specifications (SRS).

KK3

Mampu mengimplementasikan rancangan produk TIK sesuai dengan kebutuhan

sistem yang sudah didefinisikan dalam blueprint.

KK4

Mampu melakukan testing penelusuran kesalahan terhadap produk TIK menggunakan

pendekatan metode yang sesuai.

KK5

Mampu mendokumentasikan proses pengembangan produk TIK standar dokumen

yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang

membutuhkan.

KK6

Mampu memanfaatkan komputasi cerdas dalam proses pemecahan masalah

berdasarkan analisis dan informasi yang telah terdifinisi.



Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

KU1

Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas melalui pengembangan perangkat

lunak aplikasi dengan menerapkan beragam metode yang sesuai, baik yang belum

maupun yang sudah baku.

KU2

Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.

KU3

Mampu menyusun laporan proses dan hasil kerja secara akurat dan sahih serta

mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.

KU4

Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam pekerjaannya.

KU5

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan

supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada

pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

KU6

mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada

dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara

mandiri.

KU7

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali

data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU8

Mampu mengenali kebutuhan, melakukan adaptasi dan mendemonstrasikan

kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat).

KU9

Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional secara lisan dan

tulisan.

NAMA MATA KULIAH

SKS

SEMESTER 1

Pancasila

2

Teknik Dokumentasi

2

Ilmu Komunikasi Dan Organisasi

2

Aplikasi Komputer Perkantoran

2

Bahasa Inggris 1

2

Konsep Teknologi Informasi

2

Matematika Diskrit

2

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

2

Dasar Pemrograman

2

Praktikum Dasar Pemrograman

2

SEMESTER 2

Agama

2

Kewarganegaraan

2

Penulisan Ilmiah

2

Sistem Operasi

2

Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Objek

2

Desain dan Pemrograman Web

2

Basis Data

2

Praktikum Basis Data

2

Struktur Data

2

Praktikum Struktur Data

2

SEMESTER 3

Desain Antarmuka

2

Bahasa Inggris 2

2

Pemrograman Web Lanjut

3

Sistem Informasi

2

Basis Data Lanjut

3

Jaringan Komputer

2

Praktikum Jaringan Komputer

2

Pemrograman Berbasis Objek

2

Praktikum Pemrograman Berbasis Objek

2

SEMESTER 4

Komputasi Multimedia

2

Pemrograman Mobile

3

Manajemen Proyek

2

Proyek 1

3

Manajemen Jaringan Komputer

2

E-Business

2

Sistem Manajemen Basis Data

3

SEMESTER 5

Sistem Terdistribusi

3

Proyek 2

4

Kecerdasan Buatan

2

Keamanan Sistem Dan Jaringan Komputer

3

Proposal Laporan Akhir

2

Pemrograman Jaringan

3

SEMESTER 6

Digital Enterpreneuship

2

Bahasa Inggris Persiapan Kerja

2

Etika Profesi Bidang TI

2

Bahasa Indonesia

2

Praktik Kerja Lapangan

3

Laporan Akhir

6

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di Program Studi D3 – Manajemen Informatika (PSDKU Kediri) adalah:

– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Reguler (SNBP/SNBT) Rp 3.750.000,00 / semester.

– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Mandiri Rp 3.750.000,00 / semester dengan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Rp 6.000.000,00