D-III Manajemen Informatika (PSDKU Kediri)
Program Studi Diploma-III Manajemen Informatika PSDKU Polinema di Kota Kediri menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang Teknologi Informasi yang berada di bawah Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema). Program Studi D-III Manajemen Informatika PSDKU Polinema Kediri yang disingkat “PS D3 MI PSDKU Polinema di Kota Kediri” merupakan bentuk alih status institusi pendidikan yang dulunya dikelola oleh Pemerintah daerah Kota Kediri dengan nama “POLITEKNIK KEDIRI” yang berdiri sejak tahun 2008.
VISI :
Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang teknologi informasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
MISI :
- Melaksanakan pendidikan vokasi yang inovatif berdasarkan pada sistem pendidikan terapan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi dan siap bersaing di tingkat nasional dan global.
- Menyelenggarakan penelitian terapan berbasis produk dan jasa bidang teknologi informasi.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kesejahteraan.
- Menyelenggarakan Sistem Pengelolaan Pendidikan Vokasi Teknologi Informasi dengan Berdasar pada Prinsip-prinsip Tata pamong dan Kepemimpinan yang Baik.
- Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang teknologi informasi.
TUJUAN :
- Menghasilkan lulusan bidang teknologi informasi yang berkebutuhan, beretika dan bermoral baik, berpengetahuan dan berketerampilan tinggi, siap bekerja dan/atau berwirausaha yang mampu bersaing dalam skala nasional dan global.
- Menghasilkan penelitian terapan bidang teknologi informasi yang berskala nasional dan internasional, meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam dunia usaha dan industri, serta mengarah pada pencapaian Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI), perolehan paten, dan kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemberian layanan hasil secara profesional dalam bidang teknologi informasi sehingga bermanfaat secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan Sistem Manajemen Pendidikan Bidang Teknologi Informasi yang Memenuhi Prinsip-Prinsip Tata Kelola yang Baik.
- Terwujudnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing
- Application Developer : Mampu merancang, membuat, dan mengembangkan perangkat lunak desktop, web, dan mobile secara mandiri maupun dalam tim kerja untuk berbagai tujuan seperti bisnis (e-Commerce), pemerintahan (e-Government), Pendidikan (e-Learning), usaha mandiri (enterpreuner) dan sebagainya.
- Network Enginer & Adminitrator : Mampu merancang, membuat dan mengkonfigurasi sistem jaringan komputer baik kabel, dan nirkabel untuk LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).
- IT Technical Support : Mampu memastikan kelancaran sistem komputer dan memastikan pengguna mendapatkan pelayanan IT dan produk berbasis multimedia
Capaian Pembelajaran Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan | |
PP1 | Menguasai konsep teoritis matematika dan dasar rekayasa dalam bidang pengembangan perangkat lunak (desktop, web maupun mobile), jaringan komputer dan bidang TIK lainnya sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan. |
PP2 | Menguasai pengetahuan dasar TIK (algoritma dasar, struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, basisdata, jaringan komputer,dll) untuk menyelesaikan masalah TIK yang ada. |
PP3 | Menguasai konsep pemodelan basis data, baik secara konseptual. Logical dan physical untuk kebutuhan sistim informasi yang terkomputerisasi. |
PP4 | Menguasai metode pengembangan produk TIK untuk memberikan solusi yang tepat melalui satu atau lebih domain aplikasi. |
PP5 | Menguasai konsep teoritis tentang metode pengujian dan dokumentasi produk TIK menggunakan pendekatan metode yang sesuai. |
PP6 | Menguasai pengetahuan tentang penjaminan kualitas dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam pengembangan produk TIK. |
PP7 | Menguasai pengetahuan tentang komputasi cerdas dalam proses pemecahan masalah berdasarkan analisis dan informasi yang telah terdifinisi. |
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu menerapkan matematika dan dasar rekayasa dalam bidang pengembangan perangkat lunak (desktop, web maupun mobile), jaringan komputer dan bidang TIK lainnya sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan. |
KK2 | Mampu melakukan transformasi model penyelesaian masalah menjadi algoritma dan melakukan transformasi algoritma menjadi source program dengan bahasa pemprograman terkini yang sesuai dengan platform teknologi yang dipersyaratkan pada Software Requirements Specifications (SRS). |
KK3 | Mampu mengimplementasikan rancangan produk TIK sesuai dengan kebutuhan sistem yang sudah didefinisikan dalam blueprint. |
KK4 | Mampu melakukan testing penelusuran kesalahan terhadap produk TIK menggunakan pendekatan metode yang sesuai. |
KK5 | Mampu mendokumentasikan proses pengembangan produk TIK standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan. |
KK6 | Mampu memanfaatkan komputasi cerdas dalam proses pemecahan masalah berdasarkan analisis dan informasi yang telah terdifinisi. |
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum | |
KU1 | Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas melalui pengembangan perangkat lunak aplikasi dengan menerapkan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur. |
KU3 | Mampu menyusun laporan proses dan hasil kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan. |
KU4 | Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam pekerjaannya. |
KU5 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU6 | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri. |
KU7 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU8 | Mampu mengenali kebutuhan, melakukan adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat). |
KU9 | Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional secara lisan dan tulisan. |
NAMA MATA KULIAH | SKS |
SEMESTER 1 | |
Pancasila | 2 |
Teknik Dokumentasi | 2 |
Ilmu Komunikasi Dan Organisasi | 2 |
Aplikasi Komputer Perkantoran | 2 |
Bahasa Inggris 1 | 2 |
Konsep Teknologi Informasi | 2 |
Matematika Diskrit | 2 |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 2 |
Dasar Pemrograman | 2 |
Praktikum Dasar Pemrograman | 2 |
SEMESTER 2 | |
Agama | 2 |
Kewarganegaraan | 2 |
Penulisan Ilmiah | 2 |
Sistem Operasi | 2 |
Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Objek | 2 |
Desain dan Pemrograman Web | 2 |
Basis Data | 2 |
Praktikum Basis Data | 2 |
Struktur Data | 2 |
Praktikum Struktur Data | 2 |
SEMESTER 3 | |
Desain Antarmuka | 2 |
Bahasa Inggris 2 | 2 |
Pemrograman Web Lanjut | 3 |
Sistem Informasi | 2 |
Basis Data Lanjut | 3 |
Jaringan Komputer | 2 |
Praktikum Jaringan Komputer | 2 |
Pemrograman Berbasis Objek | 2 |
Praktikum Pemrograman Berbasis Objek | 2 |
SEMESTER 4 | |
Komputasi Multimedia | 2 |
Pemrograman Mobile | 3 |
Manajemen Proyek | 2 |
Proyek 1 | 3 |
Manajemen Jaringan Komputer | 2 |
E-Business | 2 |
Sistem Manajemen Basis Data | 3 |
SEMESTER 5 | |
Sistem Terdistribusi | 3 |
Proyek 2 | 4 |
Kecerdasan Buatan | 2 |
Keamanan Sistem Dan Jaringan Komputer | 3 |
Proposal Laporan Akhir | 2 |
Pemrograman Jaringan | 3 |
SEMESTER 6 | |
Digital Enterpreneuship | 2 |
Bahasa Inggris Persiapan Kerja | 2 |
Etika Profesi Bidang TI | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 |
Praktik Kerja Lapangan | 3 |
Laporan Akhir | 6 |
Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di Program Studi D3 – Manajemen Informatika (PSDKU Kediri) adalah:
– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Reguler (SNBP/SNBT) Rp 3.750.000,00 / semester.
– Biaya Uang Kuliah Tunggal untuk jalur masuk Mandiri Rp 3.750.000,00 / semester dengan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Rp 6.000.000,00