D-II Pengembangan Piranti Lunak Situs

Pada tahun 2022, untuk menjawab tantangan ketidaksesuaian antara lulusan yang dihasilkan oleh dunia pendidikan dengan kebutuhan dari dunia usaha dan industri berdasarkan Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi No. 118/D/OT/2022 dibuka Program Studi Diploma Dua (D-2) Jalur Cepat atau D-2 Fast Track dengan nama Program Studi D2 Pengembangan Perangkat (Piranti) Lunak Situs. Program Studi D-2 Jalur Cepat ini memungkinkan lulusan SMK yang sekolahnya bermitra dengan Politeknik Negeri Malang dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dan menyelesaikannya dalam waktu yang lebih singkat. Pasalnya, melalui penerapan sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), maka masa studi siswa selama di SMK dapat diakui sebagai kredit perkuliahan. 

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang rekayasa perangkat lunak baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi yang inovatif berdasarkan pada sistem pendidikan terapan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang rekayasa perangkat lunak dan siap bersaing di tingkat nasional dan global.
  2. Melaksanakan penelitian terapan berbasis produk dan jasa bidang rekayasa perangkat lunak.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menggunakan kemajuan rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan         kesejahteraan.
  4. Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang rekayasa perangkat lunak

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan bidang rekayasa perangkat lunak yang berketuhanan, beretika dan bermoral baik, berpengetahuan dan berketrampilan tinggi, siap bekerja dan/atau berwirausaha yang mampu bersaing dalam skala nasional dan global.
  2. Menghasilkan penelitian terapan bidang rekayasa perangkat lunak yang berskala nasional dan internasional, meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam dunia usaha dan industri, serta mengarah pada pencapaian Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), perolehan paten, dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemberian layanan jasa secara profesional dalam bidang rekayasa perangkat lunak sehingga bermanfaat secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terwujudnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan daya saing.

Pemrogram Junior

Kompetensi lulusan dalam bidang ini mencakup:

  1. Mampu menyesuaikan penyelesaian proyek dengan metode Agile,
  2. Mampu menentukan struktur serta desain perangkat lunak situs,
  3. Mampu membangun tampilan perangkat lunak situs yang menarik,
  4. Memiliki kemampuan menulis program perangkat lunak,
  5. Mampu mentransformasikan rancangan program yang dibuat oleh software designer, software engineer, atau system analyst menjadi instruksi yang dapat dijalankan oleh computer,
  6. Mampu membaca source code (kode program) dari perangkat lunak yang sedang atau akan dikembangkan,
  7. Mampu mencari bug atau kesalahan dalam perangkat lunak yang telah dibuat sebelumnya,
  8. Mampu membaca dokumentasi untuk memahami setiap bagian kode dari berbagai bahasa pemrograman yang digunakan,
  9. Mampu mempelajari beberapa bahasa pemrograman,
  10. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik untuk : memahami pesan kesalahan (error message), membaca dokumentasi, bertanya di forum global dan mencari referensi dari sumber berbahasa Inggris,
  11. Memiliki pemahaman dasar tentang aljabar dan aritmatika,
  12. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Technopreneur

Kompetensi lulusan dalam bidang ini mencakup :

  1. Mampu menciptakan bisnis berbasis perangkat lunak situs, dengan kemampuan mendesain dan mengembangkan solusi perangkat lunak sesuai kebutuhan konsumen,
  2. Menguasai konsep kewirausahaan di bidang perangkat lunak situs, termasuk pemahaman proses bisnis dan pemberian solusi teknologi informasi.

Mata kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

Model Pembelajaran

SEMESTER 1

Pemrograman Web

3

Rekognisi Pembelajaran Lampau

Basis Data

3

Rekognisi Pembelajaran Lampau

Dasar Pemrograman

3

Rekognisi Pembelajaran Lampau

Berpikir Komputasi

2

Rekognisi Pembelajaran Lampau

Rekayasa Perangkat Lunak

3

Rekognisi Pembelajaran Lampau

Bahasa Inggris

2

Rekognisi Pembelajaran Lampau

SEMESTER 2

Pemrograman Backend

1

Kuliah di Kampus

Praktikum Pemrograman Backend

2

Kuliah di Kampus

Pemrograman Frontend

1

Kuliah di Kampus

Praktikum Pemrograman Frontend

2

Kuliah di Kampus

Perancangan Antar Muka

1

Kuliah di Kampus

Praktikum Perancangan Antar Muka

2

Kuliah di Kampus

Basis Data Lanjut

1

Kuliah di Kampus

Praktikum Basis Data Lanjut

2

Kuliah di Kampus

Agama

2

Kuliah di Kampus

Pancasila

2

Kuliah di Kampus

Kewarganegaraan

2

Kuliah di Kampus

Bahasa Indonesia

2

Kuliah di Kampus

SEMESTER 3

Proyek 1

10

Magang di Industri

Metodologi Agile

2

Magang di Industri

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

2

Magang di Industri

Pengujian Perangkat Lunak

2

Magang di Industri

Kewirausahaan

2

Magang di Industri

SEMESTER 4

Proyek 2

10

Magang di Industri

Etika Profesi

2

Magang di Industri

Ilmu Komunikasi dan Organisasi

1

Magang di Industri

Praktikum Ilmu Komunikasi dan Organisasi

0

Magang di Industri

Teknik Dokumentasi

1

Magang di Industri

Praktikum Teknik Dokumentasi

2

Magang di Industri

Capaian Pembelajaran Sikap

 

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan

 

 

PP1

Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK , dan dasar rekayasa untuk software dalam pengembangan perangkat lunak aplikasi

PP2

Menguasai pengetahuan konseptual matematika dalam teknik pembuktian logik dan matematis terhadap problem-problem komputasi

PP3

Menguasai teknik dokumentasi dan pengujian produk TIK.

PP4

Menguasai pengetahuan tentang algoritma fundamental didasarkan pada pemikiran kritis yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, dan desain antarmuka sistem

PP5

Menguasai pengetahuan tentang penjaminan kualitas dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam pengembangan produk TIK.

PP6

Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan internasional.

PP7

Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan issue terkini (etika, sosial, legal dan ekonomi) terkait bidang TIK.

PP8

Menguasai pengetahuan tentang desain basis data baik secara konseptual, logical dan physical.

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

KK1

Mampu membangun matematika, pengetahuan komputasi (Algoritma, Pemrograman dan Basis Data ), dan dasar rekayasa dalam bidang pengembangan perangkat lunak berbasis web

KK2

Mampu menganalisis transformasi model penyelesaian masalah menjadi algoritma didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif

KK3

Mampu berpikir komputasional untuk mengidentifikasi dan merealisasikan dan mendokumentasikan produk TIK/IPTEK

KK4

Mampu menganalisis transformasi algoritma menjadi source program dengan bahasa pemrograman terkini yang sesuai dengan platform teknologi yang dipersyaratkan pada Software Requirements Specifications (SRS)


KK5

Mampu mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi menggunakan standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan

KK6

Mampu menggunakan teknologi terkini terkait bidang tik / ipteks untuk menghadirkan solusi teknologi informasi.

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

 

 

KU1

Mampu membangun pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam menganalisis pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan.

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

KU3

Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan membangun nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU4

Mampu menyusun hasil kajian kasus penerapan di bidang keahlian yang dimiliki kedalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam menganalisis supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya.

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan menganalisis supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

KU8

Mampu menganalisis proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KU10

Mampu mengenali kebutuhan, menganalisis adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat).

KU11

Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional secara lisan dan tulisan.