D-II Pengembangan Piranti Lunak Situs
Pada tahun 2022, untuk menjawab tantangan ketidaksesuaian antara lulusan yang dihasilkan oleh dunia pendidikan dengan kebutuhan dari dunia usaha dan industri berdasarkan Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi No. 118/D/OT/2022 dibuka Program Studi Diploma Dua (D-2) Jalur Cepat atau D-2 Fast Track dengan nama Program Studi D2 Pengembangan Perangkat (Piranti) Lunak Situs. Program Studi D-2 Jalur Cepat ini memungkinkan lulusan SMK yang sekolahnya bermitra dengan Politeknik Negeri Malang dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dan menyelesaikannya dalam waktu yang lebih singkat. Pasalnya, melalui penerapan sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), maka masa studi siswa selama di SMK dapat diakui sebagai kredit perkuliahan.
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam bidang rekayasa perangkat lunak baik di tingkat nasional maupun internasional.
Misi
- Melaksanakan pendidikan vokasi yang inovatif berdasarkan pada sistem pendidikan terapan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang rekayasa perangkat lunak dan siap bersaing di tingkat nasional dan global.
- Melaksanakan penelitian terapan berbasis produk dan jasa bidang rekayasa perangkat lunak.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menggunakan kemajuan rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan kesejahteraan.
- Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang rekayasa perangkat lunak
Tujuan
- Menghasilkan lulusan bidang rekayasa perangkat lunak yang berketuhanan, beretika dan bermoral baik, berpengetahuan dan berketrampilan tinggi, siap bekerja dan/atau berwirausaha yang mampu bersaing dalam skala nasional dan global.
- Menghasilkan penelitian terapan bidang rekayasa perangkat lunak yang berskala nasional dan internasional, meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas dalam dunia usaha dan industri, serta mengarah pada pencapaian Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), perolehan paten, dan kesejahteraan masyarakat.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemberian layanan jasa secara profesional dalam bidang rekayasa perangkat lunak sehingga bermanfaat secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Terwujudnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri pada bidang rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan daya saing.
Pemrogram Junior
Kompetensi lulusan dalam bidang ini mencakup:
- Mampu menyesuaikan penyelesaian proyek dengan metode Agile,
- Mampu menentukan struktur serta desain perangkat lunak situs,
- Mampu membangun tampilan perangkat lunak situs yang menarik,
- Memiliki kemampuan menulis program perangkat lunak,
- Mampu mentransformasikan rancangan program yang dibuat oleh software designer, software engineer, atau system analyst menjadi instruksi yang dapat dijalankan oleh computer,
- Mampu membaca source code (kode program) dari perangkat lunak yang sedang atau akan dikembangkan,
- Mampu mencari bug atau kesalahan dalam perangkat lunak yang telah dibuat sebelumnya,
- Mampu membaca dokumentasi untuk memahami setiap bagian kode dari berbagai bahasa pemrograman yang digunakan,
- Mampu mempelajari beberapa bahasa pemrograman,
- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik untuk : memahami pesan kesalahan (error message), membaca dokumentasi, bertanya di forum global dan mencari referensi dari sumber berbahasa Inggris,
- Memiliki pemahaman dasar tentang aljabar dan aritmatika,
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Technopreneur
Kompetensi lulusan dalam bidang ini mencakup :
- Mampu menciptakan bisnis berbasis perangkat lunak situs, dengan kemampuan mendesain dan mengembangkan solusi perangkat lunak sesuai kebutuhan konsumen,
- Menguasai konsep kewirausahaan di bidang perangkat lunak situs, termasuk pemahaman proses bisnis dan pemberian solusi teknologi informasi.
Mata kuliah
Nama Mata Kuliah | SKS | Model Pembelajaran |
SEMESTER 1 | ||
Pemrograman Web | 3 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
Basis Data | 3 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
Dasar Pemrograman | 3 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
Berpikir Komputasi | 2 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
Bahasa Inggris | 2 | Rekognisi Pembelajaran Lampau |
SEMESTER 2 | ||
Pemrograman Backend | 1 | Kuliah di Kampus |
Praktikum Pemrograman Backend | 2 | Kuliah di Kampus |
Pemrograman Frontend | 1 | Kuliah di Kampus |
Praktikum Pemrograman Frontend | 2 | Kuliah di Kampus |
Perancangan Antar Muka | 1 | Kuliah di Kampus |
Praktikum Perancangan Antar Muka | 2 | Kuliah di Kampus |
Basis Data Lanjut | 1 | Kuliah di Kampus |
Praktikum Basis Data Lanjut | 2 | Kuliah di Kampus |
Agama | 2 | Kuliah di Kampus |
Pancasila | 2 | Kuliah di Kampus |
Kewarganegaraan | 2 | Kuliah di Kampus |
Bahasa Indonesia | 2 | Kuliah di Kampus |
SEMESTER 3 | ||
Proyek 1 | 10 | Magang di Industri |
Metodologi Agile | 2 | Magang di Industri |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 2 | Magang di Industri |
Pengujian Perangkat Lunak | 2 | Magang di Industri |
Kewirausahaan | 2 | Magang di Industri |
SEMESTER 4 | ||
Proyek 2 | 10 | Magang di Industri |
Etika Profesi | 2 | Magang di Industri |
Ilmu Komunikasi dan Organisasi | 1 | Magang di Industri |
Praktikum Ilmu Komunikasi dan Organisasi | 0 | Magang di Industri |
Teknik Dokumentasi | 1 | Magang di Industri |
Praktikum Teknik Dokumentasi | 2 | Magang di Industri |
Capaian Pembelajaran Sikap |
|
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Penguasaan Pengetahuan | |
|
|
PP1 | Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK , dan dasar rekayasa untuk software dalam pengembangan perangkat lunak aplikasi |
PP2 | Menguasai pengetahuan konseptual matematika dalam teknik pembuktian logik dan matematis terhadap problem-problem komputasi |
PP3 | Menguasai teknik dokumentasi dan pengujian produk TIK. |
PP4 | Menguasai pengetahuan tentang algoritma fundamental didasarkan pada pemikiran kritis yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, dan desain antarmuka sistem |
PP5 | Menguasai pengetahuan tentang penjaminan kualitas dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam pengembangan produk TIK. |
PP6 | Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan internasional. |
PP7 | Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan issue terkini (etika, sosial, legal dan ekonomi) terkait bidang TIK. |
PP8 | Menguasai pengetahuan tentang desain basis data baik secara konseptual, logical dan physical. |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mampu membangun matematika, pengetahuan komputasi (Algoritma, Pemrograman dan Basis Data ), dan dasar rekayasa dalam bidang pengembangan perangkat lunak berbasis web |
KK2 | Mampu menganalisis transformasi model penyelesaian masalah menjadi algoritma didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif |
KK3 | Mampu berpikir komputasional untuk mengidentifikasi dan merealisasikan dan mendokumentasikan produk TIK/IPTEK |
KK4 | Mampu menganalisis transformasi algoritma menjadi source program dengan bahasa pemrograman terkini yang sesuai dengan platform teknologi yang dipersyaratkan pada Software Requirements Specifications (SRS) |
KK5 | Mampu mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi menggunakan standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
KK6 | Mampu menggunakan teknologi terkini terkait bidang tik / ipteks untuk menghadirkan solusi teknologi informasi. |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum | |
|
|
KU1 | Mampu membangun pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam menganalisis pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. |
KU3 | Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan membangun nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU4 | Mampu menyusun hasil kajian kasus penerapan di bidang keahlian yang dimiliki kedalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam menganalisis supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya. |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan menganalisis supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU8 | Mampu menganalisis proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU10 | Mampu mengenali kebutuhan, menganalisis adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat). |
KU11 | Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa internasional secara lisan dan tulisan. |
