MALANG – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Izin Pembukaan Program Studi kepada 26 Program Studi Diploma Dua Jalur Cepat dari 16 Perguruan Tinggi termasuk Politeknik Negeri Malang (Polinema). Perwakilan dari Polinema yang hadir yaitu Bapak Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT., selaku Direktur, Ibu Dr. Kurnia Ekasari, SE., MM., Ak.,CA selaku Wakil Direktur, dan IbuMungki Astiningrum, ST., M.Kom. Terobosan ini merupakan implementasi kerjasama perguruan tinggi dengan mitra SMK dan Industri yang didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kelembagaan dan Sumberdaya Pendidikan Tinggi Vokasi.

 

Selain perwakilan dari 16 Perguruan Tinggi, acara ini juga dihadiri oleh Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, SE., MA. selaku Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Dirjen Pendidikan Vokasi, dan Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.BA., selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program tersebut merupakan salah satu upaya untuk peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi vokasi serta menyeleraskan suplai dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja atau dunia industri. Dengan adanya program ini, diharapkan lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas dan kompetensi keahlian sesuai dengan kebutuhan industri. Program yang hanya bisa di ikuti oleh siswa SMK ini, dilaksanakan pada hari rabu tanggal 25 Mei 2022 secara online maupun offline. Secara online melalui zoom, Sedangkan secara offline bertempat di Hotel Mercure Jakarta Sabang. Beberapa SMK di Kota Malang bisa menghantarakan para siswanya untuk mengikuti program ini , diantaranya yaitu SMK Negeri 2 Malang, SMK Negeri 2 Singosari, SMK Negeri 5 Malang, SMK Negeri 8 Malang, SMK Negeri 9 Malang, SMK Negeri 10 Malang, SMK Negeri 11 Malang, SMK Telkom Sandhy Putra, SMK Negeri 1 Udan Awu, dan SMK Al – Mahrusiyah.

Acara dimulai pada pukul 11.30 WIB. Diawali dengan registrasi, Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Pembacaan doa. Lalu, dilanjutkan dengan Laporan Direktur KLSD PTV oleh Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, SE., MA., Disambung dengan
sambutan Dirjen Diksi oleh Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., dan diteruskan dengan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam bentuk rekaman video oleh Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.BA.

Sesudah sambutan – sambutan disampaikan, dilanjutkan ke acara inti yaitu Seremoni Penyerahan SK. Serangkaian acara sudah dilaksanakan, Acara ditutup dengan Foto Bersama dan dilanjutkan Press Conference.

 

(MIR/FUM)