Malang – Jurusan Teknologi Informasi mengadakan kegiatan Penguatan Peran Ikatan Alumni JTI  Polinema untuk Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada tanggal 10 Desember 2021. Kegiatan tersebut berlangsung secara offline di Hoel Senyum Jatim Park 3 Kota Batu.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjut dengan sambutan dari Rudy Ariyanto, S.T., M.Cs. sebagai Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Beliau menyampaikan pengumpulan para alumni sangat diapresiasi dan dihargai. Beliau juga menyampaikan terima kasih pada seluruh alumni Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malan yang sudah menyempatkan waktu untuk kembali membantu kampus. Dengan IKA, kampus dapat mensinkronisasi link and match dengan industri di dunia kerja. Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan alumni, mahasiswa dan dosen dapat mendapat ilmu baru dan kebutuhan lulusan bagi industri nantinya.

Kemudian, dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. Luchis Rubianto, LRSC., MMT. Selaku perwakilan alumni yang menyampaikan terima kasih pada tim panitia CF telah berhasil mengumpulkan 20 alumni dari berbagai bidang. Dengan penguatan IKA Alumni, ini dapat mempererat sekaligus membuat kita reuni sebentar dengan dosen-dosen dan. Polinema memang menjadi tempat untuk kembali. Selanjutnya Ibu Ratih Indri Hapsari, S.T., M.T., Ph.D. juga menyampaikan sambutannya “Saya sebagai Pembantu Direktur IV Polinema, sangat terbantu dengan kegiatan ini. Mengingat kerjasama dengan mitra dapat dilaksanakan dari berbagai bidang-bidang lain sesuai tempat bekerja alumni saat ini. Harapan saya, semoga ada follow up yang lebih lanjut dan mewadahi alumni ini agar tetap terus berlanjut silaturrahminya.”, ujar Beiau (Jum’at. 10/12/21).

Penyampaian materi pada sesi pertama dilakukan oleh Bapak Reynaldi Oktino mengenai Company Profile dan Link & Match Perguruan Tinggi Vokasi dan Dunia Industri. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi pada sesi kedua oleh Bapak Maulana Yusril Mahendra.

Roadmap Link & Match industri meliputi:

  1. Menciptakan SDM lulusan yang kompeten, unggul, dan sesuai dengan kebutuhan industri skala nasional maupun global.
  2. Terjadi peningkatan produktivitas, inovasi, serta daya saing yang signifikan hingga memajukan pertumbuhan ekonomi.
  3. Meningkatkan kesejahteraan dan karir lulusan vokasi lebih baik.
  4. Menciptakan generasi wirausaha yang tangguh dan inovatif.
  5. Input peserta didik pendidikan vokasi harus passion dengan dunia vokasi.
  6. Keterlibatan dunia industri dan kerja semaksimal mungkin.
  7. Peningkatan soft skills dan karakter lulusan agar menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat.
  8. Mampu menjawab tantangan kebutuhan kompetensi masa kini dan mendatang.
  9. Riset terapan yang menghasilkan produk nyata yang dihilirkan ke pasar industri dan masyarakat.

Faktor Kontribusi Keberhasilan dalam bekerja (Mitsubishi Research Institute, 2002)

  • Soft skills 40%
  • Jejaring Kerja 30%
  • Ahli di bidangnya 20%
  • Keuangan 10%

Setelah pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab, dengan mahasiswa terkait pekerjaan dan soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk sesi terakhir adalah sarasehan alumni, dosen, dan mahasiswa mulai dari Perkenalan dan saling sharing oleh 20 orang alumni yang sudah diundang. Selain itu, ada juga alumni yang bergabung melalui zoom dan diakhiri oleh penyusunan struktur IKA JTI Polinema oleh Bapak Anas.

(OSY/FUM)