MALANG –  Kemendikbudristek membuat program baru yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam menyusun rancangan kurikulum program studi (prodi) D-IV SIB yang merupakan prodi baru di polinema ingin menerapkan program MBKM juga. Maka diadakan acara Sosialasi Rancangan Kurikulum Program Studi D-IV yang inginnya nanti bisa membuka wawasan lebih luas lagi tentang bagaimana cara implementasi Program MBKM ini ke prodi baru JTI nanti. Acara ini dihadiri oleh Sri Palupi Prabandari Ph.D Ketua Program Studi S1 Kewirausahaan di Universitas Brawijaya sebagai narasumber dan juga 30 dosen JTI. Sosialisasi ini diadakan di Gedung Teknik Sipil – Teknologi Informasi, Polinema pada tanggal 29 November 2021.

Narasumber menceritakan bagaimana sistem di Program Studi beliau dalam menerapkan program MBKM ini. Dimulai dari Grand Design, Tugas dan peran setiap pihak, Mekanisme Pelaksanaan, Jenis-jenis penyetaraan MBKM di Prodi S1 Kewirausahaan, Mata Kuliah yang bisa dikonversi dalam MBKM, Tahapan pelaksanaan, dan juga sharing tentang kelas-kelas praktisi yang selama ini sudah di lakukan oleh Prodi S1 Kewirausahaan.

MBKM harus berpegang pada capaian lulusan, agar lebih terarah dan tidak terlalu jauh dari topik jurusan. Selain itu diperlukan pemetaan mahasiswa pula, agar pihak jurusan lebih nyaman dan mudah dalam memantau. Nantinya mahasiswa yang tidak mengambil program MBKM mengikuti kelas seperti biasa. Sedangkan mahasiswa yang mengambil program MBKM tetap mengambil KRS tetapi tidak belajar di kelas, melainkan mengambil kelas praktisi. Peran pihak studi dalam memilih mata kuliah untuk mengkonversi nilai MBKM diharapkan memilih mata kuliah yang masih satu linear dan bisa mendukung keluaran lulusan. Mata Kuliah yang bisa dikonversi merupakan mata kuliah praktik. Tenaga praktisi juga perlu diperhatikan, karena jika menggunakan tenaga dari intern saja tidak mencukupi.

Selain itu, Pihak jurusan juga memiliki peranan untuk melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa agar mereka tahu menahu informasi tentang MBKM. Meliputi cara mengikuti MBKM, Mata kuliah apa saja yang bisa dikonversi, dan cara kerja dari MBKM ini.

(MIR/ROW)