MALANG – Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan Kegiatan Pengembangan Kurikulum Program Studi D-IV Sistem Informasi Bisnis (SIB). Acara ini dihadiri oleh para dosen JTI dan para narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., Finsa Ferdiansyah, dan M. Ziaelfikar Albaba. Pengembangan Kurikulum tidak bisa jika dilakukan secara sembarangan karena kegiatan ini akan berimbas kepada banyak mahasiswa ke depannya. Bertepatan pada hari Rabu, tanggal 29 September 2021 acara ini diadakan.

 

Agenda ini dilaksanakan di Ijen Suites Resort & Convention dengan tetap menaati protokol Kesehatan. Adapun beberapa bahasan yang disampaikan, seperti tujuan di dirikannya program studi D-IV SIB, Rencana Pembelajaran Semester, Profil lulusan, dan masih banyak lagi.

Kurikulum yang diinginkan nantinya harus selaras dengan dunia industri, salah satu kerja nyatanya seperti mengajak mahasiswa untuk berfikir dan menganalisa, bukan hanya melakukan pekerjaan saja. Harapannya program studi ini memiliki ciri khas tersendiri yang dicerminkan di dalam mata kuliah, yang bisa dibuat melalui mengaitkan sistem informasi bisnis dengan industri ekonomi kreatif UMKM atau Pariwisata.

Sehabis itu narasumber menyampaikan beberapa saran, Seperti Menambah mata kuliah ekonomi kreatif karena sedang digalakkan. Lalu, Mata kuliah mengenai jaringan mungkin kurang linear dengan program studi SIB, Jadi mungkin bisa dihapus atau dikurangi. Serta menambahkan mata kuliah mengenai branding karena saat ini banyak industry non-IT yang operasionalnya (baik produksi maupun pemasaran) sudah fully digital. Oleh sebab itu diperlukan untuk menambahkan digital marketer dalam profil jurusan. Skill Bahasa Inggris juga dibutuhkan dalam hal presentasi, negoisasi, content writing, promosi, dan problem solving.

Diakhiri dengan petuah dari salah satu narasumber, Penyesuaian atau pembaharuan mata kuliah di perguruan tinggi terhadap teknologi baru yang sedang berkembang memang penting. Namun yang lebih penting adalah mendidik mahasiswa tentang matematika dan logika agar nantinya dapat menyesuaikan apapun teknologi baru yang harus mereka kuasai setelah lulus.

 

(AMR/FUM)