Malang – Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang mengadakan webinar dengan mengusung tema “Education & Work Challlenges in the Pandemic Era: Pentingnya Kesehatan Mental & Bersiap di Dunia Kerja”. Kegiatan webinar ini dilakukan secara online melalui media Zoom Meeting yang menghadirkan beberapa narasumber di antaranya adalah Bapak Muhammad Zainur Rohman selaku Head of Training & Development di PT. Wahana Makmur Sejati dan Bapak Agung Putra Widiyanto selaku Global System Support Group Dept. Head di PT. Inbisco Niagatama Semesta – Mayora Group.

Webinar tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru dan tingkat akhir Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Rangkaian acara dibuka pada pukul 08.00 WIB pagi oleh moderator kegiatan, Bapak Rizky Ardiansyah selaku Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang membahas sedikit mengenai peraturan webinar dan biodata diri dari para narasumber. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Dr. Eng. Rosa Andrie Asmara, ST., MT. Sebagai Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Beliau memberikan sedikit pesan kepada para mahasiswa untuk terus maju dalam berkarya, “Potensi pekerjaan yang dihadapi setelah lulus berat tetapi berpeluang memiliki kesempatan semakin besar. Diharapkan mahasiswa dapat berkarya semakin besar maka hal tersebut semakin berpotensi pada lapisan masyarakat” begitu ujar Bapak Rosa (02/10/21). Setelah itu acara pun resmi dimulai.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pertama, yang diisi oleh narasumber pertama, Bapak Muhammad Zainur Rohman selaku Head of Training & Development di PT. Wahana Makmur Sejati.  Di sini beliau memaparkan materi dengan tema “Pentingnya Kesehatan Mental dan Penguatan Karakter”. Kesehatan mental dan penguatan karakter ini sangat penting sebagai modal di dunia kerja. Saat ini terjadi perubahan di seluruh aspek dunia kerja disrupsi dikarenakan pandemic. Yang pertama adalah ada aktivitas jarak jauh, ini semua sudah dilakukan, ini porsinya sudah 80%. Terjadi perubahan, semua bisa dilakukan secara jarak jauh dengan melakukan langkah kedua percepatan digitalisasi karena hampir semuanya sudah bergeser di digitalisasi, sebisa mungkin beberapa perusahaan menggunakan percepatan otomasi, menjadi tantangan bagi kita semua. Jangan sampai kita nanti bekerja terancam otomasi. Banyak sekali dibutuhkan teknologi informatika. Dengan adanya kondisi seperti ini, terdapat job landscape and top skill, yang meliputi beberapa peningkatan permintaan pekerjaan, “Lebih baik kita menciptakan lapangan kerja” ujar Bapak Zainur (02/10/21). Selain job landscape, ternyata ada skill yang perlu mahasiswa kuasi. Tidak hanya tentang hardskill tetapi lebih penting softskill. Analytical thinking and innovation harus dimiliki setiap mahasiswa, dimana mahasiswa dapat memecahkan masalah secara kompleks dengan cara diskusi atau berpikir bagaimana cara mengembangkan sesuatu, sering diskusi. Selain, itu beliau juga menjelaskan mengenai kesehatan mental. 20% Mahasiswa Memburuk, menurut beliau, kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana seseorang menyadari kemampuannya sendiri dan dapat mengatasi tekanan hidup yang normal. Faktor yang mempengaruhi di antaranya adalah factor biologis, psikologis, dan social. Untuk menjaga kesehatan mental diperlukan mengatur emosi dengan baik, berolahraga, berinteraksi dengan orang sekitar, dan lain-lain. Dengan begitu, Kesehatan mental akan selalu terjaga. Untuk menguatkan karakter diperlukan performance character dengan melakukan yang terbaik dan moral character dengan melakukan yang benar.

Berikutnya disambung dengan penyampaian materi oleh pembicara kedua yaitu Bapak Agung Putra Widiyanto selaku Global System Support Group Dept. Head di PT. Inbisco Niagatama Semesta – Mayora Group. Sebelum menyampaikan materi, beliau memperkenalkan diri, “Saya ingin berbagi pengalaman dan perjuangan mengumpulkan kompetensi dan mengeluarkan potensi yang ada dengan implementasi kegiatan yg positif dan berguna untuk orang lain, salah satunya dg berorganisasi dan mengabdi”, ujar Bapak Agung (02/10/21). Selanjutnya beliau memaparkan materi dengan topik Sharing Dunia Kerja di Era Pandemi (Digital Transformation on Work Environment dan) Digital Transformation for Business Suistanibility, Above The Crowd, Project Management (Business Driven Application, Life Cycle Development, Scrum, dan Agile). Pengaruh pandemi terhadap karyawan adalah pola kerja, jam kerja, dan digital transformasi di dunia kerja. Pada materi yang disampaikan juga membahas mengenai project management agile & scrum. Prioritas utama proses agile adalah memuaskan klien dengan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai dengan cepat dan rutin. Scrum adalah metode pengembangan perangkat lunak agile yang dikembangkan oleh Jeff Sutherland dan tim pengembangannya di awal 1990-an. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjut dengan sharing.

Rangkaian kegiatan webinar ini diakhiri pada pukul 11.30 WIB. Melalui acara tersebut diharapkan mahasiswa setalah lulus siap dalam dunia pekerjaan dan mampu mengontrol kesehatan mental mereka. Selanjutnya, webinar ditutup dengan pengumuman lomba video reels instagram oleh Bapak Faiz Ushbah Mubarok selaku ketua panitia. Berikut merupakan daftar mahasiswa yang terpilih sebagai pemenang video reels Instagram dengan username Instagram:

  1. @fauznnur
  2. @alizul01
  3. @mahendra_fir
  4. @afifilh_
  5. @alvian7968
  6. @raihanrach

(OSY/FUM)