MALANG – Dari generasi ke generasi teknologi semakin berkembang. Salah satu bidang keilmuan dan teknologi baru yang saat ini sedang berkembang pesat yaitu penggunaan internet dalam segala bidang, atau yang biasa disebut juga dengan Internet of Things (IoT). Dahulu kita hanya bisa berimajinasi tentang teknologi-teknologi canggih, seperti bisa menyalakan lampu tanpa menekan saklar, menjalankan mobil dengan fitur auto drive, mengetahui kadar kelembaban secara otomatis dan terjadwal, dan lain-lain. Saat ini, kita sudah bisa menggunakan alat-alat itu dengan teknologi Internet of Things (IoT). Dengan adanya IoT kegiatan sehari-hari pasti bisa jadi lebih mudah dan efisien.

Jurusan Teknologi Informasi (JTI) mengadakan acara Wokshop IoT bagi para dosen JTI yang dilaksanakan secara offline dengan tetap menaati protokol kesehatan di lantai 7 Gedung Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang. Workshop ini mengusung tema “Pengembangan Laboratorium IoT dengan memanfaatkan IoT Development Board pada Platform Cloud dan Local Network”. Materi dalam acara ini disampaikan oleh narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya  yaitu Bapak Dodit Suprianto, S.Kom., M.T. dan Bapak Noprianto, S.Kom., M.Eng. Acara pelatihan dihadiri oleh 14 dosen JTI sebagai kelanjutan program pengembangan laboratorium IoT yang diadakan oleh unit kerja Pembantu Direktur I Politeknik Negeri Malang.

Workshop diadakan selama 3 hari mulai tanggal 28 – 30 Juni 2021, dari pukul 08.00- 16.00 WIB. Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber, seperti Peluang IoT (Research dan Market), Arsitektur IoT, Membagun Aplikasi Microcontroller dengan NodeMCU (Embedded System Device),  Cloud EC2 AWS dan masih banyak lagi.

Meskipun pandemi, dosen JTI terlihat antusias dalam mengikuti workshop ini. Materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat menarik dan informatif. Dengan mengikuti workshop ini para dosen JTI mendapatkan pengetahuan serta pengalaman yang sangat bermanfaat.  Diharapkan setelah adanya workshop ini, para dosen JTI lebih memahami apa itu IoT dan juga bisa lebih mahir dalam penggunaannya serta dapat memudahkan kinerjaya  dalam kehidupan sehari-hari.

(MIR/FUM)