MALANG – Meskipun di tengah wabah COVID-19, Politeknik Negeri Malang, khususnya Jurusan Teknologi Informasi tetap produktif dalam setiap kegiatan dan masih menjalin hubungan dengan berbagai pihak. Salah satunya yaitu kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) yang telah sejak setahun yang lalu dalam melaksanakan program Vocational School Graduate Academy (VSGA). Program VSGA adalah program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi yaitu SMK, D3, D4 bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia yang belum bekerja. Ini adalah tahun kedua DTS VSGA dilaksanakan dengan harapan bisa mencetak SDM level teknisi dalam bidang digital. Kegiatan ini dimulai pada akhir September dan akan berakhir pada November 2020.

Pudir IV Polinema, Dr Luchis Rubianto, LRSC, M.MT., membuka acara.

Pembukaan secara daring dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur IV Polinema, Dr Luchis Rubianto LRSC MMT , Jumat (25/9/2020). Beliau menjelaskan jika peserta yang mengikuti DTS VSGA tidak sesuai dengan target yang direncanakan yaitu sebanyak seribu peserta.

“Karena saat ini kondisinya masih pandemi dan segala kegiatan dilaksanakan secara daring, jadi tak menutup kemungkinan kalau jumlah peserta akan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya,” ujar beliau.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya, Eka Handayani SE MM, pengajar, panitia dan peserta. Bapak Rudy Ariyanto ST MCs, selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi memaparkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan DTS secara daring ini.

Bapak Rudy Ariyanto ST MCs, selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi memaparkan jumlah peserta.

“Berdasarkan skemanya, jumlah peserta tahun ini dari Junior Graphic Design 86 peserta, Junior Network Administrator 50 peserta, Junior Mobile Programmer 47 peserta dan Junior Web Developer 62 peserta” ucap Kajur JTI. Pada tahun 2020 ini, jumlah peserta menurun karena pandemi. Jumlah pendaftar sebanyak 252 orang dan yang lolos seleksi sebanyak 245 peserta.

 

Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE, MM, menyampaikan paparan kegiatan.

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE, MM, memberi ucapan selamat kepada Polinema sebagai penyelenggara DTS VSGA. Pihak Kominfo sangat mengapresiasi alumni DTS VSGA Polinema tahun 2019 yang telah meluncurkan 12 startup. Beliau juga berharap meski dengan pelatihan daring, startup selanjutnya akan terus bermunculan dari program ini. (FUM)