MALANG – Selesai sudah Digital Talent Scholarship (DTS) Batch 2 2019 dengan program Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politenik Negeri Malang (Polinema). Pelatihan yang didanai Kominfo dan bekerjasama dengan Jurusan Teknologi Informasi Polinema kali ini bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta lulusan SMK jurusan yang berkaitan TI dan belum bekerja agar mendapatkan skill mumpuni di bidang Teknologi Informasi. Peserta mengikuti pelatihan ini setiap hari Sabtu selama 28 September hingga 16 November 2019. Tercatat ada 941 pendaftar yang disaring dari dua seleksi, yaitu seleksi administrasi dan seleksi substansi. Dari ratusan calon peserta tersebut, terhitung 305 peserta final yang mengikuti empat skema pelatihan VSGA, yakni menawarkan empat skema pelatihan yang terdiri dari Junior Mobile Programmer, Junior Web Programmer, Junior Graphic Designer, dan Junior Network Administrator.

Jumlah peserta keseluruhan yang telah mengikuti sertifikasi yakni, dari skema JGD 106 orang, JNA 75 orang, JMP 49 orang, dan JWP dengan 75 orang. Pada akhir kegiatan DTS 2019 ini, para peserta diwajibkan untuk mengikuti ujian Sertifikasi LSP P3 dengan lokasi ujian di Laboratorium Jurusan Teknologi Informasi, Gedung Teknik Sipil Lantai 6-7 Politeknik Negeri Malang.

Acara ini resmi ditutup pada hari Rabu, 17 November 2019 oleh Pembantu Direktur Bidang IV, Bapak Dr. Luchis Rubianto, LRSC., MMT, di Auditorium Gedung Sipil Lantai 8 Polinema. Acara diikuti oleh para 38 instruktur, 31 panitia, dan juga total 267 peserta dari empat skema di atas. Selain itu, DTS VSGA Batch 2 ini juga dihadiri oleh Ibu Eka Handayani, S.E., MM, dari Kemenkominfo Surabaya, dan juga Ibu Ir. Cahaya Khoironi, MM. perwakilan dari Badan Litbang SDM Kemenkominfo Jakarta.

Acara penutupan sendiri berlangsung cukup meriah. Selain laporan yang disampaikan Ketua Pelaksana Kegiatan DTS 2019, Bapak Rudy Ariyanto, ST., M.Cs., disajikan pula pemutaran video kegiatan DTS 2019 yang berlangsung, dan pada akhir acara peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan uang saku. Bapak Luchis sebagai Pudir IV mengapresiasi penutupan dan menyampaikan informasi tentang kegiatan ini di masa depan, “Tahun depan di tahun 2020, kami ditarget 1000 peserta oleh Kemkominfo, Polinema dan JTI siap untuk melaksanakan acara ini kembali. Rencananya, kami akan membuka kegiatan ini dalam 3 tahap, dan dengan kerjasama dengan semua SMK di Malang Raya.” tutupnya.  [FUM]