Malang– Kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 dengan program Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang berlangsung selama 18 hari di Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politenik Negeri Malang (Polinema) berakhir dan secara resmi ditutup pada hari Rabu, 31 Juli 2019. Kegiatan ini ditutup oleh Pembantu Direktur Bidang IV, Bapak Dr. Luchis Rubianto, LRSC., MMT, di Aula Pertamina Polinema. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkominfo Surabaya Ibu Putri Pradnyawidya Sari, sebagai Peneliti Muda Kemenkominfo Surabaya, ditemani oleh Bapak Suhartono, selaku Bendahara BPSDMP Kemenkominfo Surabaya, dan M Bobby Rahman, S.H., selaku Staff Pengembangan SDM dari institusi yang sama.

Penyerahan Cinderamata kepada Perwakilan Kemenkominfo oleh Bapak Dr. Luchis Rubianto, LRSC., MMT, selaku Pembantu Direktur Bidang IV Polinema. 

VSGA menawarkan empat skema pelatihan yang terdiri dari Junior Mobile Programmer, Intermediate Animator, Junior Graphic Designer, dan Junior Network Administrator. Pelatihan yang didanai Kominfo dan bekerjasama dengan Jurusan Teknologi Informasi Polinema kali ini bertujuan menberikan kesempatan kepada lulusan SMK yang belum bekerja agar mendapatkan skill semumpuni teknisi bidang TIK. DTS 2019 diharapkan bisa mencetak lulusan yang berbakat dalam bidangnya, yaitu bidang TIK.

Jumlah peserta yang terdaftar di Polinema ini termasuk yang terbesar di seluruh Indonesia. Jumlah peserta terdaftar pada awal kegiatan adalah 312 peserta dengan jumlah skema Network 97 orang, Animator26 orang, Graphic Designer75 orang, dan skemaMobileyang terbanyak pesertanya sejumlah 114 orang. Pada akhir kegiatan DTS 2019 ini sejumlah 249 orang peserta aktif (Network: 74, Animator: 22 orang, Graphic Designer: 57 orang, dan Mobile: 96 orang) yang mengantongi kualifikasi untuk mengikuti ujian Sertifikasi LSP P3 dengan lokasi ujian di Laboratorium Jurusan Teknologi Informasi, Gedung Teknik Sipil Lantai 6-7 Politeknik Negeri Malang.

Para peserta dari empat skema beserta instruktur pada acara Penutupan DTS 2019 Kominfo – Polinema.

Ditanya mengenai kesan selama mengikuti DTS 2019, Aisyatush Shofiyah (18 tahun), salah seorang peserta yang tergabung dalam skema Junior Mobile Programmermengatakan, “Saya berharap mendapatkan ilmu, bimbingan serta pengalaman dengan mengikuti program beasiswa DTS 2019 dan secara keseluruhan menurut saya sudah sesuai dengan apa yang saya harapkan.”

Lebih jauh lagi Aisyah mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan, seperti ilmu seputar pemrograman Android, pengalaman mendapatkan trainingdari banyak instruktur yang luar biasa, mendapatkan banyak inspirasi dan informasi dari cerita pengalaman hidup para instruktur, selain mendapatkan teman baru. Menurutnya saat yang paling seru adalah ketika instruktur sharing mengenai pengalaman mereka.

Penyerahan sertifikat kominfo secara simbolis bagi para peserta oleh Pembantu Direktur Bidang IV di acara Penutupan DTS 2019 Kominfo – Polinema.

Acara penutupan sendiri berlangsung cukup meriah. Selain laporan yang disampaikan Ketua Pelaksana Kegiatan DTS 2019, Bapak Rudy Ariyanto, ST., M.Cs., disajikan pula pemutaran video kegiatan DTS 2019 yang berlangsung selama 18 hari pada setiap skema, pemutaran video project terbaik dari skema Intermediate Animator, dan pada akhir acara peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dan uang saku. [FRU/Foto: SSS]