Perkembangan dunia maya yang sangat pesat dewasa ini harus disikapi dengan cepat oleh pemerintah Indonesia. Mau atau tidak mau, perkembangan dunia maya yang tidak segera ditanggapi  dengan cepat dan tepat akan merugikan pemerintah sendiri. Dunia maya bukan lagi hanya sebatas media sosial, tapi juga menjadi salah satu bentuk keterbukaan informasi bagi semua orang. Saat ini, hampir semua instansi pemerintah telah memiliki laman sendiri, yang memberikan akses kepada masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi terkait instansi tersebut.

 

Polinema, khususnya Jurusan Teknologi Informasi, menyikapi perkembangan tersebut dengan cepat. Untuk menyediakan informasi yang akurat mengenai sebuah instansi, tentu saja dibutuhkan kemampuan teknis tersendiri, sehingga informasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Peningkatan kemampuan ini dilakukan melalui kegiatan Retooling Kompetensi Vokasi Mahasiswa Pelatihan dan Sertifikasi E-Government Tahun 2017, yang digelar di Gedung Sipil dan TI Polinema pada tanggal 11-15 Desember 2017.

 

Diikuti oleh peserta dari Polinema dan Politeknik Ujung Pandang, pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama, yaitu tanggal 11-14 Desember 2017 dengan agenda penyampaian materi, dan dilanjutkan tanggal 15 Desember 2017 dengan agenda ujian sertifikasi. Peserta yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kedepan, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di institusi asal peserta. (ayu)